IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Tingkatkan Kualitas Aparatur Pemerintahan

IndonesiaBicara-Curug, (27/10/11). Bupati Tangerang H Ismet Iskandar membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Prajabatan Golongan III angkatan V dan VI tahun 2011, yang dilaksanakan di Gedung Diklat Kabupaten Tangerang, Kecamatan Curug, Kamis (27/10).

Dalam Sambutannya Bupati H Ismet Iskandar mengatakan Diklat Prajabatan bagi CPNS yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara professional dengan dilandasi kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil .

“Jadi PNS wajib belajar membiasakan diri mematuhi peraturan-peraturan tata tertib dan peraturan disiplin yang sudah ditetapkan,” terangnya.

“Diklat Prajabatan ini penting mengingat di era globalisasi ini, menuntut adanya kualitas sumberdaya manusia yang handal untuk meningkatkan kualitas aparatur pemerintahan yang baik, Aparatur pemerintah sebagai komponen utama bangsa memiliki peran strategis pada keberhasilan bangsa Indonesia di masa yang akan datang,” papar H Ismet Iskandar.

Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Tangerang H. Abdul Halik menambahkan peserta Diklat Prajabatan Golongan III angkatan 5 dan 6 berjumlah 80 orang, yang masing-masing dari SKPD Kabupaten Tangerang dan diklat prajabat ini dilaksanakan mulai dari 27 oktober 2011 hingga 17 Nopember 2011.

“Metode pembelajaran yang digunakan dalam Diklat Prajabatan adalah metode mengajar orang dewasa (andragogy), dipadukan dengan Ceramah, Diskusi kelompok, simulasi atau Role playing,” jelas Kepala BKD.

“Untuk mengetahui keberhasilan penyelenggara, maka selama diklat diadakan evaluasi baik terhadap peserta, widyaiswara maupun terhadap panitia pelaksanan. Khusus kepada peserta akan difokuskan dua aspek yaitu sikap dan perilaku dengan bobot 60% meliputi disiplin, kepemimpinan, kerjasama dan prakarsa,  sementara aspek penguasaan materi memiliki 40%”, tegasnya didepan peserta.

Bupati Tangerang H Ismet Iskandar berharap kepada peserta diklat agar mengikuti dengan baik, agar bisa meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara baik.

“Saya berharap kepada peserta agar bisa menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan  menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik,” ucap bupati didepan 80 orang peserta.

Setelah memberikan sambutan Bupati menyematkan tanda peserta diklat secara simbolis kepada dua perserta yaitu Siti Nur Mariam Mutiara dari angkatan V dan Yoga Pratama angkatan VI, setelah itu dibacakan juga janji peserta diklat didepan Bupati dan Kepala BKD. (Aditya)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 5 + 2 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.