IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Tim LWWM Propinsi Nilai SMAN I Selat

IndonesiaBicara-Amlapura, (08/09/11). SMAN I Selat yang menjadi duta Kabupaten Karangasem dalam Lomba Wawasan Wiyata Mandala (WWM) tingkat Propinsi Bali, (07/09) dinilai Tim Penilai Lomba Wawasan Wiyata Mandala Propinsi Bali dipimpin Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Propinsi Bali Ni Made Suarti, dihadiri Bupati Karangasem I Wayan Geredeg.

Kepala SMAN I Selat I Wayan Cenik, melaporkan, SMAN I Selat dibangun tahun 1996 diatas lahan bekas lahar Gunung Agung seluas 11.560 meter persegi. Pada usia ke-15 telah mengalami 7 kali pergantian Kepala Sekolah didukung oleh 58 orang pendidik dan 20 orang tenaga kependidikan baik PNS maupun honorer dengan jumlah peserta didik sebanyak 730 orang yang dibagi kedalam 24 rombongan belajar.

Selama ini peningkatan SDM tenaga guru sudah berhasil meningkatkan kompetensinya dengan menyandang pendidikan S2 sebanyak 3 orang dan 15 orang diantaranya sedang dalam proses.

Sedangkan dibidang peserta didik dilakukan peningkatan pengembangan potensi diri dengan proses pembelajaran yang baik dan bermutu sesuai jenis kurikulum yang ditetapkan baik kurikuler mapun ekstra kurikuler. Sejak tahun 2007/2008 sudah dikembangkan kurikulum KTSP dengan visi misi sekolah yang mengedepankan aspek pembelajaran berbasis kejujuran dan kasih sayang.

Dengan model tersebut diharapkan mampu membentuk pribadi peserta didik yang mampu bersaing dibidang akademik dan non akademik maupun ketrampilan yang bercirikan karakter budaya bangsa. Diluar kurikuler ditujukan untuk mewadahi potensi peserta didik difasilitasi melalui berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler. Tahun ini ada 31 jenis kegiatan ekstra yang diharapkan dapat menampung berbagai kepentingan peserta didik sesuai dengan potensi diri dan minat masing-masing dengan melibatkan pembinaan baik kalangan internal sekolah maupun luar sekolah.

Sedangkan untuk prestasi SMAN I Selat telah meraih berbagai prestasi antara lain prestasi tingkat internasional yakni mewakili pertukaran guru dengan Australia Utara atas nama I Wayan Mudayasa selama 1 tahun dan memiliki sertifikat mengajar internasional didalam maupun diluar negeri.

Ditingkat nasional peringkat 6 pemenang pengulas karya sastra tahun 2010 atas nama guru Ayu Aryantari dan siswa I Komang Wika Atmaja meraih Juara Silver Winner di ajang National English Olympic tahun 2010. Ditingkat Propinsi Tim siswa-siwi SMAN I Selat meraih Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah Lingkungan Hidup serta Juara III LKTI Propisi Bali bertema kenakalan remaja tahun 2010 dan 2 orang siswi bakal mengikuti LKTI Jetranas Jakarta bulan ini.

Dibidang non akademik keluar sebagai Juara II dan III Lomba Karikatur HMJ Seni Rupa Undiksa, Juara II Lomba Cipta dan Baca Puisi atas nama Ni Komang Ayu Saraswati dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional. Dibidang olahraga tercatat 4 rang siswa SMAN I Selat memperlkuat Tim Porprop Jembrana 2011.

Kadisdikpora Prop Bali diwakili Kabid Pemuda dan Olahraga Ni Made Suarti mengatakan, Wawasan Wiyata Mandala sebagai lingkungan pendidikan mengedepankan proses pembudayaan tata kehidupan sekolah yang menanamkan rasa memiliki dengan harapan mampu menjadi lembaga yang berperan membudayakan kehidupan manusia murni, unggul dan kompetitif untuk mencerdaskan bangsa.

Lima hal pokok yang saling berkaitan dalam lingkungan Wawasan Wiyata Mandala antara lain sekolah sebagai lingkungan pendidikan, wewenang dan tanggung jawab kepala sekolah, hubungan guru dan orang tua murid, sifat warga sekolah terhadap martabat dan citra guru serta sekolah dan masyarakat.

Upaya meningkatkan mutu pendidikan secara nasional merupakan salah satu program yang sedang dilaksanakan pemerintah guna memberi jaminnan mutu layanan kepada pihak yang berkepentingan dalam mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal.

Lomba Wawasan Wiyata Mandala diharapkan dapat mendorong dan memberikan mtivasi bagi seklah untuk meningkatkan mutu sekolah secara bertahap berkelanjutan terencana, kompetitif secara berjenjang. Penilaiannya dititikberatkan pada aspek penataan lingkungan, sarana prasarana sekolah, aspek administrasi dan aspek kegiatan belajar mengajar.

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg mengatakan, pembangunan sektor pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat dan pemerintah sesuai amanat UU N0 20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional.

Lomba Wawasan Wiyata Mandala merupakan program strategis memotivasi seluruh komponen pendidikan untuk lebih berperan aktif dalam pengelolaan sekolah sebagai lingkungan sekolah. Tujuannya untuk mengetahui tingkat keberhasilan pengelolaan sekolah SMA Negeri termasuk swasta dalam menciptakan sekolah sebagai lingkungan pendidikan dalam menunjang tercapainya tujuan pendidikan.

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 7 + 12 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.