IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Tiap Tahun, 2 Juta Pria Indonesia Beli Seks Lebih Dari 1 Kali di Luar Rumah

IndonesiaBicara-Kuta (9/8/09), berlangsung Kampanye HIV & AIDS – One Life Evolution 2009 yang digagas oleh World Vision Indonesia. Sekjen KPA Indonesia, Nafsia Mboi mengatakan, ” kurun waktu 1 tahun ada sekitar 2 juta laki-laki di Indonesia yang membeli seks lebih dari satu kali di luar rumah. Sedangkan di Asia terdapat 75 juta laki-laki yang beli seks setiap tahunnya yg dilakukan lebih 1 kali.” Hal tersebut menyebabkan potensi penularan penyakit berbahaya seperti HIV Aids, hepatitis dan sebagainya semakin tinggi.

Maka, Nafsia menganggap perlu adanya perhatian dari  pemerintah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, untuk merubah perilaku masyarakat tersebut.”selain itu, pola perilaku seperti senang membeli seks di luar, dan gonta-ganti pasangan dapat berpotensi tertular penyakit HIV/Aids. Indonesia misalnya, jumlah penularan hiv/aids antara suami ke isteri dan sebaliknya, dan dari ibu ke bayi yg dikandungnya, serta penularan akibat penggunaan jarum suntik semakin meningkat. Akibatnya anak yang menjadi korban dari perbuatan orang tuanya.

Belajar dari pengalaman di Thailand, dilegalkannya prostitusi telah mengakibatkan munculnya lost generation. kondisi tersebut membangkitkan kesadaran Thailand untuk memerangi HIV Aids. Indonesia harus bercermin pada Thailand, bila tidak maka bukan tidak mungkin suatu saat akan terjadi lost generation di Indonesia.

Menurut Nafsia, masyarakat Indonesia shngga saat ini masih belum menerima ODHA di tengah keluarga, lingkungan pekerjaan, maupun di tengah masyarakat. Padahal, Indonesia memiliki Permendagri No 28 Tahun 2004 yang menjelaskan bahwa tidak diperkenankan untuk melakukan tindakan diskriminasi bagi para penderita yang berada di lingkungan kerja dalam sebuah institusi atau lembaga, baik pemerintahan maupun swasta.

Untuk mengatasinya, perlu dilakukan sosialisasi secara berkesinambungan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk merubah pandangan masyarakat, serta dapat membantu membangkitkan kesadaran masyarakat tentang bahaya HIV Aids. Berdasarkan laporan UNAIDS/WHO tahun 2008, terdapat dua juta orang di dunia meninggal dunia, dan saat ini setiap 15 detik setidaknya satu orang meninggal akibat penyakit terkait AIDS. Sedangkan di Indonesia terdapat 270.000 orang yang terinfeksi HIV, dan hanya 10 persen diantaranya yang tercatat di Departemen Kesehatan. (ari)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 6 + 12 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.