IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Tenggat Waktu Penetapan Pembelian 7 Persen Saham Newmont Diperpanjang

IndonesiaBicara.com-Mataram, (18/03/11). Batas waktu penetapan pembeli saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) jatah divestasi 2010 diperpanjang satu bulan hingga menjadi 18 April 2011 yang sebelumnya jatuh pada 18 Maret 2011,.

“Pemerintah mengajukan perpanjangan waktu selama satu bulan karena sampai batas waktu yang ditentukan, belum juga ada kepastian pihak yang akan membeli saham divestasi 2010 itu,” kata Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH M Zainul Majdi, di Mataram, Jumat, (18/03).

Gubernur mengatakan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral yang mengajukan perpanjangan waktu itu atas permintaan Menteri Keuangan, terkait hal tersebut PT NNT pada dasarnya tidak mempersoalkannya.

Batas waktu pembelian tujuh persen saham itu sesuai kesepakatan yang dicapai manajemen PT NNT dengan Pemerintah Indonesia, pada 17 Desember 2010, yakni tiga bulan ke depan, yang berarti sampai 18 Maret 2011.

Saat itu, Pemerintah Indonesia menyatakan akan membeli saham divestasi 2010 senilai 271,6 juta dolar AS atau setara sekitar Rp 2,5 triliun itu, namun belum menetapkan pihak yang akan membelinya.

“Kami akan terus berupaya agar dalam sebulan ke depan, Pemerintah Daerah di NTB yang diberi kewenangan membeli saham itu,” ujarnya.

Gubernur mengakui, sejumlah pihak setuju jika Pemerintah Daerah di NTB yang akan membeli saham tersebut, namun Menteri Keuangan masih menghendaki Pusat yang akan membelinya.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo beralasan pusat yang akan membeli saham itu agar bisa mengontrol perkembangan perusahaan tambang tembaga dan emas di Pulau Sumbawa itu.

“Dengan hanya tujuh persen, apa yang mau dikontrol oleh pusat,” ujar Majdi.

Menurut dia, sudah seharusnya hak pembelian saham divestasi itu diberikan kepada daerah. (Ary)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 15 + 15 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.