IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

TEMUKAN PELANGGARAN, BAWASLU REKOMENDASIKAN PSU

Indonesiabicara.com—TIGARAKSA (18/4/2019) Pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Tangerang tidak luput terjadinya pelanggaran yang berakibat pihak Bawaslu Kabupaten Tangerang membuat surat rekomendasi pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) kepada KPU Kabupaten Tangerang.
Ketua Bawaslu Kabupaten Tangerang Andi Irawan mengatakan, Bawaslu Kabupaten Tangerang telah memberikan rekomendasi kepada satu TPS yang dinilai tidak sesuai dengan prosedur yang diatur dalam pasal 372 ayat 2 huruf d UU 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang menyebutkan “Pemungutan suara di TPS wajib diulang apabila hasil dari penelitian dan pemeriksaan pengawas TPS terbukti keadaan sebagai berikut, pemilih yang tidak memiliki eKTP dan tidak terdaftar dalam DPT dan Pemilih tambahan”.

“Rekomendasi TPS 1 Desa Bunar Kecamatan Sukamulya ada pelanggaran, karena ditemukan ada pemilih diluar Tangerang tanpa menggunakan A5, artinya mereka tidak terdaftar dan ditemukan mereka mencoblos yang merupakan suatu pelanggaran”, terang Andi.

Lanjutnya Andi menjelaskan, Yang berhak memberikan hak pilih adalah mereka yang terdapat dalam DPT, DPTb atau DPK sesuai dengan peraturan MK. Masyarakat harus memahami, Pemberlakuan memilih sesuai dengan eKTP harus sesuai dengan alamat pemilih tinggal. Masih banyak pemilih yang akan memberikan hak suara dengan menggunakan eKTP, tapi tidak sesuai dengan alamatnya karena masyarakat kurang memahami informasi yang telah diberikan.

“Bawaslu sudah memberikan rekomendasi kepada KPU Kabupaten Tangerang, maka sejak pemberian surat rekomendasi batasnya selama 10 hari harus dilaksanakan kegiatan PSU”, jelas Andi

Selain itu Ketua Panwascam Sukamulya Sugiharto menjelaskan,
Berdasarkan adanya laporan dan pemeriksaan pengawas TPS, yang selanjutnya memberikan laporan kepada Panwascam dan selanjutnya disikapi dengan merekomendasikan kepada PPK untuk melaksanakan PSU di TPS 1 Desa Bunar, Sukamulya.

“Kami melanjuti hasil laporan pengawas TPS, dan selanjutnya mengadakan rapat Panwascam Sukamulya untuk merekomendasi kepada PPK untuk PSU”, terang Sugiharto.

Diinformasikan hasil pemeriksaan Panwascam Sukamulya bahwa empat orang ini berada dari luar Desa Bunar antara lain dari Kecamatan Cikupa, Jatiuwung Kota Tangerang, Pandeglang dan Nganjuk Jawa Timur dan semuanya sudah dilakukan pemeriksaan.(Adit*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berapa jumlah 14 + 15 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.