IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Tanggul Penahan Ombak di Kab. Konut Rusak

IndonesiaBicara-Wanggudu, Konawe Utara, (10/03/10). Sedikitnya dua rumah warga dan tanggul penahan ombak di Desa Waturambaha Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara (Konut) rusak diterjang ombak yang terjadi selama seminggu terakhir, selain ombak angin juga bertiup kencang. Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Waturambaha Dewantoro, saat ditemui di Desa Waturambaha.

Kades Waturambaha mengatakan, ombak dan angin keras terjadi pada pagi dan malam hari, yang paling terkuat terjadi pada hari Jumat lalu yang menyebabkan rusaknya dua rumah warganya yang berada dipinggir laut.

Selain itu, tanggul yang dibuat melalui program PNPM, juga mengalami sedikit kerusakan, tetapi tidak terlalu parah, “Jika tidak ada tanggul penahan ombak mungkin semua rumah warga akan rusak diterjang ombak, utamanya yang dekat laut,” katanya.

Dia juga sudah menyampaikan kepada warganya agar senantiasa berhati-hati, jika angin dan ombak terjadi pada malam hari, pasalnya kadang juga terjadinya tidak disangka-sangka. “Kita liat (cuaca-red) tenang tetapi tiba-tiba terjadi ombak dan angin, apalagi saat ini musim utara itu sangat berbahaya,” kata Dewantoro

Hal senada juga dikatakan Kepala Desa Labengki Jamaluddin, saat ditemui di Desa Labengki, ombak dan angin selama seminggu terakhir, terjadi sangat keras, air pun sampai masuk ke rumah warganya, utamanya yang sangat dekat dengan laut. “Banyak warga saya yang kemasukan air di dalam rumahnya,” katanya.

Dari pemantauan di lapangan di tiga Desa, ombak keras terus terjadi tetapi yang terparah terjadi di Desa Labengki dan Desa Waturambaha, kapal fiber yang digunakan oleh media cetak dan elektronik nyaris tidak bisa bersandar, di dua Desa tersebut, dan sampai berita ini diturunkan ombak terus terjadi.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, ombak besar juga terjadi dengan sangat keras di Desa Kokapi Kecamatan Sawa, yang menyebabkan banyak rumah terendam air laut setinggi tiga puluh centi meter. (KmK)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 8 + 13 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.