IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Tangerang Punya Sekolah Anti Korupsi

IndonesiaBicara.com-PAMULANG (04/01/14). Tingginya dugaan kasus korupsi yang terjadi di Banten membuat sejumlah penggiat antikorupsi terus melakukan inovasi demi mendorong terciptanya tata pemerintahan yang bersih dari korupsi. Hal ini pula yang membuat Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH), Perkumpulan Masyarakat Untuk Demokrasi (Perekat Demokrasi) dan Indonesian Corruption Watch (ICW) membangun Sekolah Anti Korupsi Tangerang.

Koordinator TRUTH, Aru Wijayanto menerangkan bahwa Sekolah Anti Korupsi Tangerang ini dibangun untuk menguatkan kapasitas gerakan masyarakat sipil, khususnya pada isu pencegahan, pengawasan, serta pengungkapan kasus-kasus korupsi.

“Nantinya peserta Sekolah Anti Korupsi akan mempelajari materi seperti tinjauan umum kasus korupsi di Banten, Modus Korupsi di Sektor Pelayanan Publik, Identifikasi Korupsi Anggaran, Metode Advokasi Korupsi, Model Investigasi Korupsi, Penyusunan Laporan Korupsi, serta praktek investigasi korupsi”, terang Aru.

Materi, tambah Aru Wijayanto, akan disampaikan dengan metode pembelajaran yang mengedepankan konsep dialogis.

“Proses belajar-mengajar yang dilakukan di dalam kelas terbagi menjadi tiga tahapan, yakni ceramah, diskusi, serta simulasi kasus”, jelasnya.

Aru menambahkan, program Sekolah Anti Korupsi ini tidak memungut biaya untuk peserta, dan akan diselenggarakan tiap dua bulan sekali atau enam angkatan dalam setahun.

Sementara itu, Koordinator ICW, Danang Widyoko dalam kuliah umumnya saat launching Sekolah Anti Korupsi, disalahsatu RUmah Makan dikawasan Pamulang, Sabtu (04/01) menjelaskan bahwa kasus-kasus korupsi yang terjadi di Provinsi Banten mayoritas melibatkan keluarga Dinasti Banten, hal ini terbukti dengan hasil penyidikan KPK pada Dinas Kesehatan Tangsel, dimana kasus ini juga melibatkan suami Walikota Tangsel dan Adik Gubernur Banten,

“Bukti-bukti yang ada menunjukkan bahwa adanya keterlibatan otoritas penguasa di Tangsel maupun diwilayah Banten lainnya”, kata Danang.

Untuk penyelenggaraan program Sekolah Anti Korupsi ini rencananya akan dilaksanakan di Sekretariat TRUTH yaitu di Komplek Bukit Pamulang Indah (BPI) Blok. B14 no 2, Kec. Pamulang Kota Tangsel.

Jika anda berminat menjadi aktivis anti korupsi langsung saja daftar menjadi peserta Sekolah Anti Korupsi Tangerang dengan menghubungi Program Manager Sekolah Anti Korupsi Tangerang, M Ibnu dinomor HP 085711775288 atau kontak langsung Koordinator TRUTH Aru Wijayanto melalui sambungan HP 0817735369 (Rin)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 9 + 8 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.