IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Sosiolog: Komunis Bisa Tumbuh Subur di Indonesia

Jakarta – Gerakan pendukung Partai Komunis Indonesia (PKI) muncul di situs jejaring sosial facebook. Bisa jadi hal ini bukan hanya main-main, karena ideologi Komunis tidak pernah mati.

“Sesungguhnya ideologi komunis sangat kuat cengkramannya. Tidak lapuk karena zaman. Komunis itu subur di lingungan yang miskin,” ujar pengamat politik dan sosiolog Universitas Indonesia, Musni Umar, saat dihubungi detikcom, Sabtu (9/1/2010).

Musni menjelaskan, mungkin saja namanya bukan lagi PKI, atau membawa embel-embel nama komunis. Tetapi, gerakan tersebut tetap pada sama seperti partai Komunis.

“Bisa jadi partai atau gerakan lain, tetapi polanya radikal seperti komunis. Anti kaum borjuis dan pola-pola komunis lainnya,” terang Musni.

Menurut Musni, selama kesenjangan antara si kaya dan si miskin masih tinggi, seperti di Indonesia, maka ideologi Komunis akan berpeluang tumbuh dan berkembang. Apalagi sebentar lagi Indonesia akan memasuki era perdagangan bebas.

“Ini kan membuat masyarakat kecil makin sulit. Komunis itu memang hanya memberi angin surga, tetapi rakyat kecil merasa mendapat harapan,” jelasnya.

Cara memerangi Komunis menurutnya adalah dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Para pejabat pun diimbau agar tidak bermewah-mewahan dan menyakiti hati rakyat. “Para pejabat harus hidup sederhana,” terangnya.

Sumber : detik.com

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 2 + 5 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.