IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Smartfren Berikan Bantuan Internet Cerdas

IndonesiaBicara.com-SERPONG, (22/03/13) Dua unit usaha Sinar Mas, yaitu PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tangerang dan Smartfren, pada hari Kamis tanggal 21 Maret 2013 mewujudkan komitmennya untuk mendukung pendidikan dan pemberdayaan masyarakat dengan menyelenggarakan “Workshop Sistem Database Kepustakaan dan Pelatihan Kewirausahaan” kepada Komunitas MAGMA (Masyarakat Gemar Membaca) Tangerang Selatan. PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tangerang adalah salah satu unit usaha dari Sinar Mas Pulp & Paper yang saat ini merupakan produsen kertas warna terbesar di dunia, dan Smartfren adalah penyedia layanan telekomunikasi berbasis teknologi handal EV-DO Rev.B Fase 2 di Indonesia.

Acara ini diikuti oleh 13 Warnet Cerdas TBM (Taman Bacaan Masyarakat) di Komunitas MAGMA dan dihadiri oleh pejabat pemerintahan Tangsel, yaitu Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Tangsel Chaerudin dan Kepala Dinas Koperasi & UMKM Nurdin Marzuki.

Workshop ini merupakan keberlanjutan dari program CSR “Smartfren untuk Indonesia” yang sebelumnya telah memberikan bantuan infrastruktur Internet Cerdas dan pelatihan “Teacher Discovery” kepada 55 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) binaan MAGMA selama periode Januari – Februari 2013. Setelah seluruh TBM bisa online dengan produk Smartfren, kali ini mereka dilatih untuk membuat database online dari buku-buku tersebut. “Ke depan, informasi buku-buku di semua TBM akan terkoneksi secara online sehingga semua TBM akan saling terhubung seperti sebuah perpustakaan raksasa”, demikian menurut Herlina Mustikasari, Ketua Umum Komunitas MAGMA Tangerang Selatan.

Hal yang baru dan berbeda dari acara ini yaitu Pelatihan Kewirausahaan. Pelatihan ini merupakan tahapan baru untuk mewujudkan pemberdayaan TBM. Dari awalnya hanya sebuah TBM, kini mereka sudah ‘naik kelas’ menjadi pengusaha dengan membuka Warnet Cerdas Smartfren, lalu bisa berpeluang membuka usaha dengan penjualan produk-produk produk Smartfren, produk IKPP seperti kertas KOKORU, dan produk-produk Sinar Mas lainnya. Dalam acara ini, untuk pertama kalinya para peserta mengikuti Pelatihan Keterampilan kertas KOKORU. KOKORU adalah kertas warna bergelombang (color corrugated paper) yang merupakan produk dalam negeri pertama di Indonesia. “Kertas ini bagus untuk menjadi sarana kegiatan kreatifitas bagi anak-anak dan tidak tertutup kemungkinan bagi perempuan atau ibu-ibu pengelola TBM. Bagi anak-anak, kegiatan kreatifitas dengan KOKORU bisa melatih kecerdasan syaraf motorik dan imajinasi mereka, “ demikian sambutan dari Luciana Gomulia, Mill Head IKPP Tangerang.

“Semoga pelatihan kewirausahaan ini bisa menambah jumlah pengusaha di tangerang Selatan yag baru berjumlah 20 ribu orang, “ kata Nurdin Marzuki, Kepala Dinas Koperasi & UKM menambahkan.

Dua kegiatan dalam satu hari ini merupakan wujud sinergi dari berbagai 3 elemen kota Tangsel, yaitu pemerintah, swasta, dan masyarakat. “Sinergi ini adalah wujud dari semangat gotong royong, yang merupakan nilai utama yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak dulu kala. Jangan sampai memudar, tapi kita harus jadi contoh teladan. Dengan semangat gotong-royong ini semoga motto Tangsel yaitu Cerdas, Modern, dan Religius, benar-benar bisa diwujudkan bersama dalam sebuah Helpful Community (masyarakat gotong royong)“, ucap Henky S. Chahyadi, Vice President Program Smartfren untuk Indonesia. (rintho/rls)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 11 + 15 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.