IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

SMAN 7 Tetap Tolak Dirman Ikut UN

Indonesiabicara.com–KRESEK (03/04/2013)   Tuntutan Sudirman (18) untuk ikut Ujian Nasional (UN) rupanya belum bisa dipenuhi pihak SMA Negeri 7 Kabupaten Tangerang. Sekolah  yang berletak di Jalan Raya Kresek KM.09 Desa Patrasana Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang menegaskan bahwa Sudirman sudah tidak tercatat di sekolah.
            Kepala SMA Negeri 7 Kabupaten Tangerang Heriawan mengatakan, pihaknya tetap tidak bisa menerima Sudirman untuk ikut UN. Karena sudah tidak terdaftar sebagai peserta didik di sekolah tersebut. “Kami tetap pada putusan akhir, Sudirman sudah dikembalikan ke pihak keluarganya. Jadi tidak lagi tercatat sebagai peserta didik di sekolah kami sejak tanggal 4 Maret. Sehingga ia tidak bisa mengikuti UN di sekolah kami,”kata Kepsek.
            Pihaknya menegaskan Sudirman juga sudah melanggar tata tertib sekolah yang sudah disepakati dan ditandatangani sata masuk sekolah. Salahsatu bunyi aturan yang di sepakati tersebut yakni tidak menikah selama duduk di bangku sekolah. “Dia melanggar aturan sekolah yang sudah dia sepakati, jadi kami bersikap tegas,”ungkapnya.
            Heriawan menuturkan, kasus ini sebetulnya sudah diperoses lama dengan penyelesaian pertemuan antara orang tua dan pihak sekolah. Disana disepakati Sudirman untuk ikut paket C dan prosesnya dibantu oleh pihak sekolah. “Kemudian wali kelas mengundang Sudirman untuk membicarakan masalah ini. Hingga akhirnya masalah ini berkembang seperti ini,”ucapnya.
Pada dua bulan lalu saat anak tersebut dikeluarkan dari sekolah, kata Heriawan pihaknya juga sudah membahas upaya tindaklanjut pendidikannya yakni menempuh paket C. Ketika masalah ini kembali muncul, pihak sekolah pun dibuat bingung. “Kalau sudah rame begini upaya kami juga menjadi tidak fokus. Kalaupun dia tetap menolak keputusan kami dan melaporkannya ke Komisi Nasional Perlindungan Anak itu hak dia,”kata Heriawan.

Heriawan mengakui jika pihak sekolah selain menawarkan jalur paket c, juga menawarkan Sudirman untuk pindah sekolah ke daerah yang sepi atau tidak mengetahui persoalannya. Menurutnya hal itu bukan mengajarkan untuk berbohong, seperti pernyataan aktivis pendidikan Education Care (E-Care). “Inikan tujuannya untuk menyelamatkan pendidikan anak tersebut, bisa paket C atau pidnah sekolah ke daerah lain,”tegasnya(Aditya/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 8 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.