IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Sidney Jones: Pelaku Teror Jangan Ditembak Mati

IndonesiaBicara.com-Tangerang Selatan, (23/05/11). Peneliti Terorisme di International Crisis Group (ICG) Sidney Jones menyayangkan tindakan yang dilakukan Detasemen Khusus Anti Teror Mabes Polri (Densus 88) dengan menembak mati terduga pelaku terorisme. Hal ini diungkapkan Sidney Jones dalam Kuliah Umum Lecture Series dengan tema Radikalisme Agama dan Demokrasi di Kampus II UIN Syarif Hidayatullah, Senin (23/05).

“Saya menilai saat ini terlalu banyak teroris mati dalam operasi Polisi Densus 88, yaitu sejak Februari 2010, sudah 28 orang teroris tewas dalam operasi antiteror. Jumlah ini dirasakan terlalu banyak, seharusnya ada dewan pengawas yang melakukan investigasi ketika ada orang meninggal dunia dalam operasi kepolisian Densus 88. Tujuannya adalah untuk melihat apakah aksi itu perlu atau tidak,” ungkap Sidney.

Sidney Jones mengatakan, dalam penembakan bisa dilakukan jika ada keadaan yang mengancam, seperti penembakan atas Dr Azahari pada November 2005 karena ada perlawanan.

“Akan tetapi kalau melihat tewasnya Dulmatin pada Maret 2010 oleh Densus 88 di Warnet hal ini sangat disayangkan. Dulmatin seharusnya bisa ditangkap hidup-hidup. Akibat tewasnya Dulmatin telah memutus informasi penting tentang hubungan kelompok teroris di Indonesia,” kata Sidney.

Pihak Kepolisian, lanjut Sidney, harus segera mencari pilihan lain selain penembakkan teroris, sehingga bisa diambil informasi dari para teroris yang tertangkap oleh Densus 88.

Lectures Series yang diselenggarakan oleh FISIP UIN Syarif Hidayatullah merupakan rangkaian kuliah umum dengan mengundang tokoh-tokoh di Indonesia yang berpengaruh, sebelumnya pada 23 Desember 2010, FISIP UIN Syarif Hidayatullah mengudang Wapres RI Prof Dr Boediono dan pada 17 Maret 2011 mengundang Mantan Presiden RI Prof Dr Ing BJ Habibie. (rintho).

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 7 + 2 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.