IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Setelah Diboikot Selama Tiga Hari, Rektorat Unilaki Akhirnya Dibuka

IndonesiaBicara-Unaaha, (23/03/10). Setelah diblokir selama tiga hari oleh mahasiswa, yang melakukan aksi boikot, akhirnya baik pintu masuk maupun pintu rektorat dibuka oleh mahasiswa yang tidak menginginkan pemboikotan kampus, Senin (22/03).

Pembukaan boikot tersebut setelah mendapat dukungan dari lima fakultas yang berada di Unilaki, melalui pertemuan perwakilan mahasiswa dari enam fakultas, diantaranya yang menyetujui fakultas Pertanian, Hukum, Tekhnik, Ekonomi dan FKIP, sementara mahasiswa fakultas Ilmu Administrasi (FIA) tetap tidak menyetujui dibukanya gedung rektorat.

Selain gedung rektorat, mahasiswa yang kontra terhadap pemblokiran kampus juga membuka segel jalan masuk ke kampus, saat pembukaan blokir tidak mendapat perlawanan dari mahasiswa yang memblokir, meskipun terjadi adu mulut antara mahasiswa yang memblokir kampus dan mahasiswa yang tidak menginginkan pemblokiran, tetapi tidak sampai terjadi bentrokan.

Saat pertemuan antara perwalikan semua fakultas yang juga dihadiri Pembantu Rektor II Unilaki, sempat terjdi adu mulut, antara mahasiswa yang mengikuti pertemuan, tetapi tidak sampai terjadi anarkis, saat pertemuan pula, mahasiswa FIA, karena tidak menerima penjelasan dari PRĀ  II dan tidak hadirnya rektor Unilaki memilih meninggalkan tempat pertemuan.

Pembantu Rektor II Unilaki Tambau Zau saat dikonfirmasi saat pembukaan segel rektorat mengatakan, pembukaan segel rektorat dilakukan karena telah mendapat garansi dari mahasiswa lima fakultas minus FIA, bahwa pembukaan segel rektorat tidak akan terjadi anarkis, sehingga dirinya berani membuka segel dari batu bata yang dibantu oleh mahasiswa.

“Kami berani membuka segel tersebut karena ada garansi dari mahasiswa, bahwa tidak akan terjadi tindakan anarkis dari mahasiswa yang menyegel, karena dibukanya segel tersebut juga akan memperlancar aktifitas di Unilaki, termasuk rencana mengliburkan mahasiswa selama sampai tanggal 1 April juga tidak jadi,” kata Tambau.

Dari pantauan di lapangan, meskipun telah dibuka segelnya, tetapi beberapa ruangan kuliah belum dibuka termasuk ruang dekan FIA, dan meskipun telah dibuka segel, tetapi aktivitas perkuliahan belum berjalan. (KmK)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 2 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.