IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

SBY Belum Waktunya Dipanggil Pansus Century

IndonesiaBicara-Tangerang Selatan, (14/01/10). Pemanggilan oleh Pansus Bank Century terus berlangsung, seperti halnya Boediono, Sri Mulyani dan Jusuf Kalla yang telah hadir memenuhi panggilan Pansus. Saat ini ada wacana agar SBY juga ikut dipanggil Pansus Bank Century.

Menurut Mahyudin yang juga Ketua Partai Reformasi Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, SBY belum harus diperiksa oleh Pansus Bank Century, karena kasus Bank Century belum membuktikan SBY terlibat dalam skandal ini. “Apabila memang SBY dipaksakan untuk diperiksa Pansus Century maka kasus ini akan dibawa ke ranah politik,” kata Mahyudin.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh Pansus Bank Century cukup sampai di Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan dan Boediono sebagai Gubernur Bank Indonesia karena dua orang inilah yang mengambil peran penting dalam bail out Bank Century.

“Pansus harus mengerti, tugasnya untuk menyelesaikan kasus Bank Century bukan melengserkan SBY, jika SBY dipanggil maka ada usaha untuk menjatuhkan Pemerintahan SBY,” jelas Mahyudin.

Berbeda dengan pendapat Mahyudin, Ketua PC Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ciputat Erik Haryadi, berkata lain, menurutnya sah-sah saja SBY dipanggil Pansus, “SBY sebagai Presiden adalah penanggung jawab kerja menteri dan semua kebijakan yang dikeluarkannya, untuk itu SBY bisa saja dipanggil untuk dijadikan saksi oleh Pansus Bank Century, tapi ini pendapat saya pribadi bukan pendapat organisasi,” imbuhnya.

Menurut Erik, dipanggilnya seorang Presiden untuk menjadi saksi adalah salah satu bukti keprofesionalan dan negarawan yang baik dalam sebuah negara demokrasi. “Ini contoh yang baik bagi masyarakat demokrasi di Indonesia,” tandasnya. (rintho).

3 comments untukSBY Belum Waktunya Dipanggil Pansus Century

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 11 + 4 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.