IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Sate Tanjung Menjadi Makanan Khas Kabupaten Lombok Utara

IndonesiaBicara-Lombok Utara, (16/02/10). Setiap daerah tentunya memiliki identitas baik dari segi makanan, panorama, adat istiadat dan lain-lain. Kabupaten Lombok Utara sebagai daerah pemekaran yang sedang berbenah memiliki bermacam aspek yang identik dengan daerah ini. Dan terkait dengan makanan yang khas, di KLU ini banyak orang mengenal kekhasan makanan tradisional sate ikan Tanjung.

Kita sering dengar tentang ayam taliwang, ayam betutu, gudeg Jogja, dan nasi Padang, tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri jika nantinya akan ada sate ikan Tanjung. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Disperindagkop dan UKM Drs Kholidi H Halili, MM yang menginginkan adanya perberdayaan masyarakat di KLU dalam upaya melestarikan kuliner ini. “Kita berupaya mensosialisasikan sate ikan ini berasal dari Tanjung dan memberdayakan masyarakat yang berjualan sekitar agar lebih sejahtera”.

Pihaknya berharap brand produk sate ikan merupakan milik masyarakat Tanjung, KLU. “Kita berharap masyarakat mulai tahu bahwa sate ikan merupakan makanan khas Tanjung,” ungkapnya.

Dengan adanya makanan khas ini nantinya dapat disinkronkan dengan program pariwisata. “Bukan tidak mungkin nantinya sate Tanjung ini akan menjadi makanan yang dicari oleh wisatawan yang singgah di KLU,” tuturnya.

Pihak Disperindag dalam upaya mengembangkan usaha tersebut belum lama ini menyerahkan bantuan berupa gerobag khusus kepada pedagang sate ikan. ”Kami berupaya membantu kuliner khas KLU dengan membantu gerobak yang bertujuan membantu agar lebih tertata dan lebih menarik pengunjung,” pungkasnya. (pul)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 14 + 12 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.