IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Saksi: Ditemukan Banyak Kecurangan Pada Hari Pencoblosan

IndonesiaBicara-Tangerang, (27/10/11). Saksi pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten nomor urut 2, Jazuli Abdillah menilai KPU Propinsi Banten dan KPUD Kabupaten Tangerang kurang melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait tanggal pencoblosan Pilgub Banten yang dilaksanakan 22 Oktober 2011 lalu.

Selain itu, pihaknya telah menemukan banyaknya kecurangan menjelang hari pencoblosan, diantaranya ialah bantuan mie instan dengan gambar Cagub nomor urut 1 dan pemberian uang sebesar Rp 20 ribu kepada masyarakat. “Untuk itu kami akan membuat laporannya ke Panwaslu Kabupaten Tangerang,” ungkap Jazuli.

Selanjutnya, saksi pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten nomor urut 3, Sopian mengatakan di 18 Kecamatan di Kabupaten Tangerang para saksi Cagub nomor urut 3 tidak ikut menandatangani laporan hasil suara di tingkat PPK karena ditemukan kecurangan pada saat pelaksanaan pencoblosan.

“Kami menemukan hampir 50% masyarakat di Kabupaten Tangerang tidak memiliki hak pilih dan disinyalir adanya rekayasa angka dari pihak KPUD Kabupaten Tangerang,” jelas Sopian.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Tangerang Jamaludin mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang yang telah melaksanakan pemilihan Cagub-Cawagub di wilayah Kabupaten Tangerang dengan aman dan lancar.

“Kami meminta maaf apabila pihak KPUD Kabupaten Tangerang tidak dapat bekerja sesuai dengan target pencapaian partisipasi pemilih 70%, namun ternyata pada saat pencolosan hanya mencapai sekitar 55% partisipasi pemilih,” ujar Jamaludin.

“Diharapkan kepada para Tim Sukses yang telah menemukan indikasi kecurangan menjelang Pilgub Banten 2011 agar dapat segera membuat laporan kepada pihak Panwaslu Kabupaten Tangerang agar dapat segera ditindak lanjuti,” tambahnya.

Terkait kurangnya partisipasi masyarakat pada saat pencoblosan disebabkan karena pada saat pelaksanaan dilaksanakan pada hari Sabtu, sehingga masyarakat Kabupaten Tangerang yang mayoritas bekerja sebagai karyawan pabrik mingguan banyak yang memilih bekerja untuk mengambil gaji daripada pergi ke TPS yang telah disediakan.

Berdasarkan hasil Rapat Pleno KPU Kabupaten Tangerang hasil perolehan suara dari masing-masing Cagub-Cawagub ialah, Ratu Atut Chosiyah-Rano Karno: 486.724 (48.07%), Wahidin Halim-Irna Narulita: 427.376 (42.21%) dan Jazuli Juwaini-Makmun Muzakki R: 98.322 (9.71%). (Aditya)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 3 + 12 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.