IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

RATUSAN WARGA TERTIPU MODUS PENGGANDAAN UANG

Indonesiabicara.com—TIGARAKSA (4/4/2017) Polresta Tangerang menggelar pengungkapan kasus penipuan dengan cara menggandakan uang yang dilakukan oleh ASI (50) pelaku yang keseharian nya sebagai ustad di Perumahan Bukit Cikasungka , Desa Cikasungka, Kecamatan Solear Selasa (4/4)
Modus penipuan sudah berlangsung sejak tahun 2015 dan dilakukan hingga sekarang, dan dari tangan pelaku polisi berhasil menyita barang bukti sebanyak 16 unit kendaraan roda empat dan 4 unit kendaraan roda dua, serta  Handphone berbagai jenis, dan  sebanyak lima karung dan 20 kardus daun pohon juga ikut disita. Dari pengakuan pelaku, korban yang sudah tertipu mencapai ratusan orang dengan kerugian mencapai miliaran rupiah.

“Modus penipuan ini dilakukan kepada ratusan Jemaah yang mengikuti ajakan dari oknum Ustadz, dan kerugian yang dihasilkan bernilai cukup besar,” ujar Kombes Pol Asep Edi Suheri, Kapolresta Tangerang.

Menurutnya, modus yang dilakukan tersangka adalah dengan cara mengelabui korban dengan janji akan memberikan bantuan modal usaha. Pelaku juga berjanji akan memeberikan mobil dan motor serta rumah dengan terlebih dahulu masing-masing mengajukan proposal modal usaha kepada tersangka.

Lanjutya Kapolres menjelaskan, tersangka  memberikan daun pepohonan yang disimpan dikardus dan karung untuk dibawa pulang oleh korban sebagai media atau alat yang dijanjikan oleh pelaku. Menurut keterangan pelaku kepada korban akan berubah menjadi uang.

Atas perbuatan tersebut pelaku akan dijerat dengan pasal 378 KUHP atau pasal 372 KUHP pidana dan Undang-Undang No. 8 Tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang dengan ancaman 20 tahun penjara.(Adit/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 9 + 11 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.