IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

PUSPIPTEK DUKUNG PARA PENELITI DAN INOVATOR MELALUI PIF 2018

IndonesiaBicara.com – SETU (27/09/2018). Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) kembali menggelar Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2018, yang merupakan ajang untuk memperkenalkan teknologi, membudayakan kecintaan terhadap Iptek serta inovasi di masyarakat. Kegiatan tersebut akan dilangsungkan di Kawasan Puspiptek, Setu, Tangerang Selatan, mulai tanggal 27 hingga 30 September 2018.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, dalam sambutan yang disampaikan oleh Sekjend Kemenristekdikti Ainun Naim di Graha Widya Bhakti Puspiptek, Kamis (27/09/2018) mengatakan bahwa Kemenristekdikti terus mendorong agar komunitas iptek ini mendekatkan diri kepada masyarakat, baik masyarakat industri, pelaku UKM, generasi muda, serta masyarakat pada umumnya. Karena pada dasarnya. Para pelaku Iptek sesungguhnya dituntut untuk berkontribusi aktif dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi oleh industri dan masyarakat melalui pendekatan iptek dan inovasi.

“Oleh karenanya, dengan seringnya berinteraksi, para pelaku iptek akan menjadi tahu permasalahan – permasalahan yang perlu dibantu penyelesaiannya. lnilah tujuan utama dari pembangunan Iptek sebagaimana termaktub dalam UUD 1945: untuk mewujudkan peradaban serta kesejahteraan umat manusia,” terangnya.

Kepala Puspiptek Sri Setiawati mengatakan, Puspiptek sebagai pusat penelitian terpadu dan National Science and Tehnology Park, memiliki berbagai fasilitas riset, dengan didukung oleh tenaga-tenaga peneliti dan perekayasa yang mumpuni di bidangnya. Telah banyak banyak produk-produk hasil riset yang dihasilkan, bahkan telah masuk ke dalam tahap komersialisasi. Untuk itu, PIF 2018 disamping sebagai wahana untuk mensosialisasikan hasil riset dan lnovasi juga untuk mempertemukan berbagai pihak sebagai stakeholder Puspiptek.

Lebih ianjut ia menjelaskan. PIF 2018 ini mengusung tema ‘Innovation For All’ yang fokus terhadap pengembangan inovasi inkiusi (grassroot innovation) dan social entrepreneurship.

“Sesuai dengan temanya yaitu Innovation For All, adanya PIF 2018 diharapkan bisa membuktikan bahwa inovasi merupakan solusi atau aksi penyelesaian masalah, dimana hasilnya bisa dirasakan oIeh seluruh Iapisan masyarakat. Dengan berinovasi, masyarakat paling tidak mulai terbiasa dengan sebuah perubahan terlebih di jaman yang senantiasa dinamis seperti saat ini. Perubahan dalam artian yang positif tentunya” ujar Sri. (Rin)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berapa jumlah 4 + 7 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.