IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Puluhan Mahasiswa Demo Pemprop NTB, Tolak Pertambangan di Dompu

IndonesiaBicara-Mataram, (19/07/11). Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Anti Tambang (AMANAT) dengan dikoordinatori oleh Rahman Fauzi kembali melakukan aksi unjuk rasa dikantor Gubernur NTB senin pagi.

Sebelum ke kantor Gubernur NTB, para pengunjuk rasa melakukan orasi di perempatan lampu merah BI dengan dijaga ketat oleh puluhan aparat keamanan. Adapun tuntutannya, mahasiswa mempertanyakan apakah Gubernur NTB mengizinkan aktivitas pertambangan dan meminta Gubernur NTB menegur Bupati Dompu yang memberikan izin usaha pertambangan di daerah Dompu.

“Aktivitas pertambangan saat ini menjadi simbol penjajahan baru terhadap masyarakat. Untuk itu, mahasiswa mempertanyakan kebenaran keputusan Gubernur NTB yang mengijinkan pertambangan di wilayah Kabupaten Dompu,” teriak koordinator aksi.

Mahasiswa menilai bahwa aktivitas pertambangan di daerah Dompu menimbulkan polemik dan konflik diantara masyarakat Dompu, mahasiswa juga mengkritik kebijakan Bupati Dompu yang menganggap bahwa pertambangan adalah solusi terbaik untuk memulikkan kondisi perekonomian di wilayah Dompu.

“Kami meminta Gubernur NTB untuk menegur Bupati Dompu yang memberikan izin kepada para pengusaha untuk melakukan aktivitas pertambangan diwilayah Dompu,” ujar Rahman Fauzi.

Dalam pernyataan sikapnya, mahasiswa menuntut Pemerintah segera menghentikan segala aktivitas tambang yang dilakukan oleh perusahaan Sumbawa Timur Mining (STM), karena lebih banyak mudharat dari pada manfaat yang ditimbulkan dan batalkan kontrak karya (KK) atau IUP (Izin Usaha Pertambangan) yang dimiliki oleh PT STM, karena tambang bukanlah solusi untuk kemakmuran dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Dompu. (Ary)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 14 + 5 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.