IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Puluhan Ibu-ibu Demo di Kantor Rektor Universitas Mataram

IndonesiaBicara.com-Mataram, (23/05/11). Puluhan perempuan dan ibu-ibu gelar aksi penolakan poligami. Aksi Koalisi Perempuan dan Anak Anti Kekerasan Poligami yang selama ini cukup peduli untuk membela hak perempuan dan anak berlangsung di Kantor Rektorat Universitas Mataram.

Para ibu-ibu dan perempuan tersebut menuntut agar Rektor Unram dan Dekan segera membuat kebijakan yang membela dan adil bagi korban perempuan, ibu dan anak akibat dari terjadinya poligami yang dilakukan oleh suami.

Ibu-ibu dan perempuan menggelar aksinya di lembaga pendidikan Unram, dikarenakan ada dugaan salah satu oknum dosen di universitas tersebut telah mengusir anak dan istri dari rumahnya.

“Kami minta agar Rektor menindak tegas oknum dosen tersebut ,” ucap Rina salah satu dari pengunjuk rasa saat menyampaikan orasi.

Dalam aksinya itu, para perempuan dan ibu-ibu tersebut juga membawa beberapa pamflet dan spanduk yang bertuliskan kata-kata penolakan keras terhadap aksi kekerasan terhadap ibu dan anak akibat dari terjadinya poligami.

Disebutkan pula bahwa poligami merupakan sebagai salah satu terjadinya kekerasan dalam rumah tangga dan juga berdampak terhadap anak-anak yang membutuhkan kasih sayang yang utuh dari kedua orang tuanya.

Sementara itu menurut kordinator aksi Endang Sosilawati, mengatakan bahwa kekerasan yang dilakukan oleh oknum dosen tersebut berupa pengusiran terhadap istrinya dan anak yang masih menyusui hingga mengakibatkan istrinya menjadi terlantar.

Karena itu Iia minta kepada rektor dan dekan untuk mengeluarkan kebijakan terhadap oknum dosen tersebut apalagi oknum dosen merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sedangkan Pembatu Rektor I Unram Lalu Wiresapta Kariyadi di depan massa aksi menjelaskan, bahwa Unram akan bertindak tegas jika ada staf dan akademisi yang disinyalir melanggar aturan.

“ Ini akan disampaikan kepada Rektor dan Pembantu Rektor II,” ucapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 4 + 15 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.