IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Puluhan Buruh PT.SCK Geruduk Kantor Bupati Tangerang

Indonesiabicara.com—TIGARAKSA (21/02/2013)  Kantor Bupati Tangerang yang berada di Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang di Tigaraksa  didemo oleh puluhan buruh PT Sepatu Cemerlang Kreasi (SCK) di Jalan Padat Karya Desa Cukanggalih Kecamatan Curug, Kamis (21/2). Sebelumnya pada tanggal (12/2) dan (15/2) aksi buruh pabrik sepatu yang menuntut hak normatif ini pernah berunjukrasa di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan di depan gerbang perusahaan namun tuntutan mereka hingga saat ini belum dipenuhi oleh pihak management PT.SCK.

 

 

Sekitar pukul 10.30 WIB buruh mengepung kantor Bupati Tangerang di Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang di Tigaraksa. Sayangnya Bupati Tangerang tidak berada di tempat, aksi pun digeser ke kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tangerang dengan cara longmarch. Dipandu dengan seorang orator yang terus mengecam kinerja Disnaker dan tidak adanya Bupati Tangerang, aksi ini pun mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

 

“Kami kecewa Bupati Tangerang tidak ada ditempat padahal surat sudah kami layangkan kemarin. Sepertinya Bupati kurang memperhatikan nasib buruhnya yang ditindas pengusaha,”kata Sis Joko Wasono Ketua DPC F Lomenik KSBSI Kabupaten Tangerang di depan kantor Bupati Tangerang.

 

Dalam aksi ini buruh menuntut dilaksanakan isi surat pernyataan dan kesepakatan bersama Januari 2012, laksanakan UMK tahun 2013 Rp2,2 juta, seluruh buruh diikutsertakan dalam program Jamsostek paket A dan B, laksanakan istirahat haid 2 hari bagi buruh wanita, prosedur PHK, berikan tunjukan masa kerja, bayarkan hak pesangon dan klaim jaminan kematian almarhumah Siti dan Ani yang telah meninggal dunia, bayarkan hak pesangon siti aisyah dan pekerjakan kembali karyawan yg di PHK.

“Aksi terakhir kami di Disnaker beberapa hari lalu dijanjikan akan dilakukan pembahasan dengan pihak manajemen. Namun, pada saat pertemuan perwakilan manajemen justru tidak ada. Sehingga tuntutan kami pun tidak mendapatkan jawaban. Siang ini  kami juga akan berunjukrasa di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang,”kata Sis Joko.

Sementara Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Kesejahteraan Pekerja, Disnakertrans Kabupaten Tangerang, Marihot Marbun yang hadir di saat buruh melakukan aksi meminta agar buruh berunjukrasa dan menyampaikan aspirasinya di Disnaker. Sebelumnya Marihot juga berjanji akan memproses aspirasi buruh sepatu tersebut.

Terpisah, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Tangerang, Hadi Hartono mengaku, pihaknya langsung menerima perwakilan buruh di ruang rapat gabungan bersama perwakilan Disnaker yakni Barimbing dan Nainggolan. “Hasil dari pertemuan ini Disnaker akan mengundang direksi perusahaan pada Senin pekan depan. Jika Senin tidak hadir maka DPRD akan mengundang direksi perusahaan tersebut pada hari Selasa. Jika tidak hadir juga maka DPRD dan Disnaker akan turun ke lapangan,”pungkasnya.(Aditya/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berapa jumlah 5 + 7 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.