IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

PT CBTM Gagas Kerjasama Kembangkan SDM Dengan Pemerintah

IndonesiaBicara-Kupang, (26/10/09).  PT  Citra Bina Tenaga Mandiri (CBTM) menggagas kerjasama di bidang olahraga dan tenaga kerja dengan Pemerintah Timor Leste. Kerjasama ini digagas karena banyak persoalan yang mirip di Timor Leste dan NTT, misalnya persoalan tenaga kerja, pengangguran. Persoalan yang mirip ini menimbulkan ide untuk memperbaiki ekonomi melalui pengembangan SDM diantaranya kerjasama pelatihan domestic worker (PRT). Demikian disampaikan oleh Presiden Direktur PT CBTM yang juga anggota DPD RI 2009-2014, Paul Liyanto saat Diskusi Lepas (Roundtable Discussion) dengan Kementrian Tenaga Kerja dan Komisi H Parlemen Timor Leste tentang olahraga tinju dan tenaga kerja di Kupang, Sabtu (24/10/2009).

Paul Liyanto menjelaskan, dalam jangka pendek akan dibangun persahabatan di bidang olahraga dengan mengadakan pertandingan tinju pada saat ulang tahun Provinsi NTT (Desember 2009). Selain itu PT CBTM akan menyiapkan pekerjaan ke Malaysia bagi 1.000 orang terutama pengungsi di Belu dan Tuapukan (eks Tim-tim) yang belum mempunyani pekerjaan tetapi memiliki fisik yang bagus. Selama ini mereka banyak berangkat ke Malaysia dengan cara ilegal.

“Dalam waktu 2 bulan kita akan meminta Kementrian Tenaga Kerja Timor Leste mengurus 100 orang sampai memiliki paspor untuk diberangkatkan ke Malaysia selama 2 tahun. Setelah kembali mereka akan ditempatkan di Australia untuk bekerja di perkebunan dan peternakan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Provinsi NTT, Ir Esthon Foenay mengatakan Pemerintah Provinsi NTT sangat mendukung kerjasama antara PT CBTM dengan Pemerintah Timor Leste. Hal ini karena gagasan kerjasama dibangun oleh unsur usaha dan berdampak pada kesempatan kerja dan usaha bagi kedua pihak. Kerjasama ini juga akan membuka kesempatan usaha dan kerja baru. Selain itu melalui kerjasama ini, PT CBTM telah menolong Pemerintah Provinsi NTT dalam sumber dana dan sumber daya karena langsung mengatasi problematika yang dihadapi yaitu masalah SDM atau ketenagakerjaan.

Rombongan Timor Leste yang hadir dalam diskusi ini antara lain Antonio Cardoso (Ketua Komisi H Parlemen Timor Leste), Eduardo de Dour (Anggota Parlemen), Abreu Ximenez Correia (Dirjen Tenaga Kerja Kementrian Tenaga Kerja Timor Leste), Albano Salem (Direktur Vocational Training Kementrian Tenaga Kerja Timor Leste), dan Raimundo (Presdir PT Nehekmean).

Pada awalnya Menteri Olahraga dan Menteri Tenaga Kerja Timor Leste akan hadir dalam diskusi ini, namun batal hadir karena kesibukan dan kondisi kesehatan.

Dalam diskusi dicapai kesepakatan bahwa kerjasama baru akan dilakukan pada awal tahun 2010 karena Timor Leste sudah menyelesaikan penganggaran. Sisa waktu akan digunakan untuk saling tukar draft kerjasama dan diskusi untuk pematangan hal-hal teknis. (koko)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 4 + 2 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.