IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Polda Sultra Didesak Periksa Bupati Konawe

IndonesiaBicara-Kendari, (22/12/09). Puluhan massa yang menamakan diri Mahasiswa Anti Korupsi Sulawesi Tenggara (MAK Sultra), Senin (21/12/09) kemarin, mendatangi Polda Sultra. Mereka  mendesak Polda Sultra untuk segera memeriksa Bupati Konawe Dr H Lukman Abunawas, SH, MSi terkait perjalanan Dinas Bupati Konawe tahun anggaran 2007 yang diduga merugikan negara senilai Rp 569.100.000,00.

Kasno Awal Doi, koordinator¬† aksi mengatakan ada indikasi kerugian negara pada perjalanan dinas tersebut, bahkan menurutnya tumpang tindih. “Perjalanan dinas Bupati Konawe Tahun 2007 yang disediakan dalam APBD sebesar Rp 1,45 M yang terdiri dari perjalanan dinas daerah Rp 500 juta dan perjalananan di luar negeri Rp 950 juta, ditemukan sebanyak 74 bukti kas senilai Rp 569.100.000,00 tidak didukung dengan SPPD yang ditandatangani oleh pejabat terkait”, katanya.

Menurutnya hal tersebut bertetangan dengan ketentuan, “Bahwa pejabat berwenang yang melakukan perjalanan dinas bertanggung jawab sepenuhnya atas kerugian yang diderita oleh negara atau daerah sebagai akibat dari kesalahan, kelalaian, atau kealpaan yang bersangkutan dalam hubungan dengan perjalanan dinas berkenaan”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kabid Humas Polda Sultra, AKBP M Fachrurozi mengatakan perkara tersebut memang telah ditangani oleh Polda Sultra. “Kasus ini masih dalam tahap penyelidikan”, tanggapnya. Terkait dugaan keterlibatan Lukman Abunawas yang merupakan Bupati Konawe, kata Fachurrozi, pihaknya tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah. “Itulah pentingnya penyelidikan, kita akan selidiki dan mengumpulkan bukti-bukti terkait dugaan tersebut”, lanjut Fachrurrozi kemarin.

Fachrurrozi juga mengatakan perkara korupsi penanganannya membutuhkan waktu minimal 3 bulan, berbeda halnya dengan perkara pidana umum. (FandiK/LM Agus)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 7 + 5 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.