IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

PNS Malas, Bukti Pengawasan Lemah

Indonesiabicara.com—BENGKULU (26/02/2013)    Temuan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota ada tiga Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang jarang masuk kantor dan terancam sanksi pecat, disorot mahasiswa. Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim (KAMMI) Daerah Bengkulu Romidi Karnawan menilai, masih adanya PNS malas walau sudah digaji negara itu menunjukkan pengawasan yang lemah dari pimpinannya.

 

Romidi meyakini, PNS malas di Pemerintah Kota (Pemkot) bukan hanya tiga orang saja. Masih ada PNS malas lainnya di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) jika diawasi dengan ketat. Buktinya acapkali razia, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kerap menjaring PNS yang berkeliaran di jam kerja.

“Jika dicek tiap SKPD absensi PNS mungkin banyak sekali PNS yang jarang ngantor,”kritik Romidi. PNS yang bermalas-malasan dalam bekerja dengan tidak masuk kantor pada saat jam kerja, sudah semestinya disanksi sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai.

“Tiga hari tidak masuk saja tanpa keterangan yang jelas, PNS itu wajib disanksi. Ini kalau hingga berrbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Pimpinan sudah wajib memberikan sanksi yang tegas. Karena jika tanpa adanya sanksi yang tegas, tentunya tidak akan ada efek jera dari PNS tersebut,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu Kepala BKD Kota Drs. Bujang, HR, MM membantah, jika BKD lemah dalam hal mengawasi kinerja para PNS. Menurutnya BKD baru akan menindak PNS indisipliner berdasarkan dari laporan dan bukti.

“Terhadap tiga PNS yang malas itu saat ini kita masih menunggu laporan dari pimpinan, bagaimana kajiannya. Jadi kita belum bisa bertindak, itu karena dalam memberikan sanksi harus ada bukti,” kata Bujang.

Sementara itu Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, SE ketika ditanya soal ada tiga PNS yang malas, justru baru mengetahui informasinya. “Memangnya ada PNS yang malas? Kalau ada biar Sekda bersama BKD yang memprosesnya sesuai dengan aturan yang berlaku,” singkatnya.(Rzy)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 10 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.