IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

PLTS Desa Ban Rusak 15 Unit

IndonesiaBicara-Amlapura (27/07/11). Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bantuan Kementrian PDT RI yang dialokasikan di Desa Ban Kecamatan Kubu mengalami kerusakan komponen hanya 15 unit bukan 455, dari jumlah total 120 unit yang ada.

Menurut penjelasan Kepala Bappeda Karangasem I Wayan Arthadipa didampingi Kabid Penanaman Modal Karangasem Ni Ketut Rai, serta Kasi Penanaman Modal I Komamg Ariawan (25/07) di Amlapura, bantuan PLTS 50 watt dari Kementrian PDT tahun 2008 di Kecamatan Kubu dialokasikan di Dusun Cegi – Desa Ban 52 unit dan Dusun Pengalusan sebanyak 53 unit.

Sedangkan tahun 2009 Dusun Cegi menerima bantuan kembali sebanyak 15 unit sesuai SK Bupati Karangasem No 363 tahun 2008 sehingga total bantuan PLTS sebanyak 120 unit.

Setelah dilakukan pengecekan ke lokasi ditemukan kerusakan PLTS di Dusun Cegi sebanyak 15 unit akibat gangguan pada elemen transistor dan pada accu-nya, dimana sejumlah komponen peralatannya memang sulit diperoleh sehingga menjadi kendala dalam memperbaikinya.

Camat Kubu I Ketut Arta Sedana, mengatakan, akibat kondisi cuaca yang ada tidak menentu dan sering mendung PLTS memang tidak bisa dimanfaatkan, namun bila cuaca terang maka panel bisa menyerap panas dan bisa menghidupkan listrik sebesar 12 watt setiap PLTS.

Dimohonkan untuk paket bantuan PLTS bisa diberikan yang paket terpadu dengan kapasitas 500-1.000 watt, dengan sistim menggunakan 4 panel dijadikan satu grup pada masing-masing panel menggunakan accu sebesar 200 watt dengan kemampuan jangkau melingkupi 5-10 KK.

Alternatif lainnya dikatakan Arta Sedana, manakala memungkinkan bakal direncanakan untuk mengusulkan adanya jaringan PLN yang bisa masuk melalui jaringan sepanjang 3–4 km dipinggir jalan utama, yang akan ditindak lanjuti dengan penyambungan ke rumah-rumah oleh masyarakat setempat.

Ditambahkan Arthadipa, kedua model usulan tersebut bakal ditempuh jika salah satunya lebih dahulu ada yang turun, maka alternatif itu juga akan direalisasikan nantinya, sementara terhadap kemungkinan memperoleh peralatan yang rusak masih dikoordinasikan. (*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 10 + 13 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.