IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Petani Harus Libatkan Tim Khusus Untuk Berantas Hama

IndonesiaBicara.com-Mataram, (05/04/11). Dengan banyaknya keluhan yang dialami para petani di beberapa Kabupaten dikarenakan tanamannya terkena hama penyakit, Kepala Badan Koordinasi Penyuluh (Bakorluh) Propinsi NTB Dr Mashur menghimbau kepada para petani agar dalam penanganan hama penyakit tanaman untuk melibatkan Petugas Penyuluh pertanian di daerah masing-masing.

Pasalnya, disetiap Kabupaten sudah ada Tim Khusus untuk menangani masalah hama penyakit tanaman, yaitu petugas pemberantas hama dan penyakit organisme pengganggu tanaman (popt). Akan tetapi, jumlah petugas tersebut sebetulnya masih sangat terbatas, untuk itu bisa juga disampaikan melalui Petugas Penyuluh Pertanian.

“Di lapangan banyak Penyuluh, itu bisa dimanfaatkan sebagai media penyampaian untuk melakukan langkah antisipasi mencegah meluasnya hama penyakit,” ujarnya saat dikonfirmasi via telepon seluler.

Dia menambahkan, dengan adanya penyampaian keluhan petani melalui Tim Penyuluh, maka nanti akan diberikan materi-materi penanganan. Penyuluh selanjutnya akan menyampaikan keluhan petani mengenai pemberantasan hama ke dinas atau instansi terkait seperti, Dinas Pertanian dan Balai Pengembangan Bibit Tanaman.

“Informasi yang diberikan ke Penyuluh itu bisa secara langsung atau bisa melalui kader-kader Bakorluh di daerah masing-masing,” ungkapnya.

Lebih lanjut Mashur mengatakan, jika petani menemukan atau hendak melakukan pemberantasan hama penyakit tanaman, diharapkan tetap melibatkan Tim Penyuluh dan jangan bertindak sendiri. Pasalnya, kemampuan penanganan hama yang dimiliki para petani bisa dikatakan masih terbatas.

”Mari kita libatkan Penyuluh baik dalam melakukan tindakan preventif maupun pengobatan, jangan melakukan tindakan sendiri,” harapnya. (Ary)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 6 + 11 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.