IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Masih Alot, Penyusunan Draft Kesepakatan Seputar Pemilukada 2010

IndonesiaBicara.com-Amlapura, (07/04/2010). Pemilukada 2010 di Kabupaten Karangsem menunjukan indikasi meningkatnya suhu politik, bukan hanya dari para kandidat Pasangan Calon saja tetapi dari Tim Kampanye masing-masing kandidat dengan KPUD Karangasem, terbukti dengan belum selesainya penyusunan Draft Kesepakatan Kampanye Damai dan Pemasangan Atribut Kampanye.

Antara Tim Kampanye masing-masing kandidat dengan pihak KPUD Karangasem sama-sama bersitegang, di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karangasem yaitu dengan menganggap bahwa pendapat yang diungkapkan benar adanya. KPUD Karangasem berkali kali mengatakan bahwa pihaknya hanya menjalankan aturan Undang Undang Nomor 32 tahun 2004, sehingga KPU hanya memfasilitasi dan mengarahkan sesuai dengan aturan yang ada.

Berbeda dengan pihak KPUD Karangasem, pihak Tim Kampanye masing masing kandidat berkeinginan agar Draft Kesepakatan di bawa pulang terlebih dahulu dan digodok bersama kandidat sehingga untuk pertemuan ke depan dalam penyusunan Kesepakatan Kampanye tidak ada perdebatan lagi.

Menanggapi pernyataan Tim Kampanye, Ni Putu Listiawati sebagai Ketua KPUD Karangasem mengatakan bahwa,”Apabila dari masing masing Tim Kampanye mengkehendaki Draf Kesepakatan dibawa pulang agar dapat digodok bersama dengan kandidat, ya silahkan, tetapi diharapkan pada selanjutnya sudah tidak ada perdebatan lagi karena sudah tidak ada waktu lagi”.

Pihak Panwaslu Kabupaten Karangasem melalui I Gede Putu Pariawan selaku Ketua mengatakan, “Banyak pelaporan tentang pemasangan atribut yang mengarah pada kampanye tetapi Panwaslu Karangasem berpendapat bahwa itu belum bisa dikatakan sebagai kampanye melainkan bentuk sosialisasi pasangan calon”. Dan kepada para Pasangan Calon bersama Tim, Panwaslu Karangasem berpesan bahwa apa yang dilakukan oleh Panwaslu semata-mata bertujuan agar setiap tahapan Pemilukada 2010 di Karangasem dapat berjalan tanpa cacat hukum.

Semua yang disampaikan oleh para Tim Kampanye dan KPUD Karangasem kental dengan nuansa politik sehingga belum dapat dipastikan kapan Draft Kesepakatan Kampanye tersebut dapat selesai. (Dino/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 8 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.