IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Penyegelan Rumah Ibadah

Penyegelan rumah tinggal oleh Satpol PP karena difungsikan sebagai rumah ibadah.

IndonesiaBicara.com-Cikupa, (30/03/12). Satpol PP Kabupaten Tangerang melakukan penyegelan terhadap tempat tinggal yang difungsikan menjadi tempat ibadah di Perumahan Bukit Tiara Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cikupa, Jum’at siang.

Kasie Ops Satpol PP Kabupaten Tangerang Desi Herawati, kepada IndonesiaBicara.com menjelaskan, bahwa penyegelan ini berdasarkan surat perintah Bupati Tangerang terkait penyalahgunakan tempat tinggal yang dijadikan tempat ibadah sehingga terjadi protes di masyarakat, jelasnya.

“Penyegelan ini karena pemilik rumah menyalahi pengunaan tempat tinggal menjadi tempat pelaksanaan ibadah”, jelasnya.

Pihak Pemkab Tangerang yang diwakilkan Satpol PP dan Muspika Kecamatan Cikupa telah melakukan pertemuan dengan pemilik rumah Pdt Abraham Boys agar tidak melaksanakan kegiatan ibadah di rumah yang membuat masyarakat sekitar perumahan Bukit Tiara menjadi resah, dan memberikan jalan keluar agar para jemaat dapat melakukan ibadah bersama di Gereja yang ada di Citra Raya, tambah Desi.

Pemilik rumah Hotma Ridarambe menyesalkan dengan adanya penyegelan yang dilakukan oleh pihak Satpol PP Kabupaten Tangerang, karena kebebasan beragama adalah milik rakyat dan semuanya dilindungi oleh Undang-Undang, ujarnya.

“Ini  adalah rumah saya, jadi saya berhak melakukan apa saja dirumah saya tanpa adanya paksaan dari pihak lain,” ungkapnya.

Seraya menambahkan, Hotma menyatakan bahwa akan membuat surat kepada Gubernur Banten dan kepada Bupati Tangerang untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan ibadah sesuai dengan kepercayaannya masing-masing, apabila ada tekanan berarti telah terjadi pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Kabupaten Tangerang.

Sebelumnya Pdt Abraham sudah meminta kepada Muspika Kecamatan Cikupa agar dapat membantu menyediakan tempat untuk pelaksanaan ibadah di sekitar Desa Pasir Jaya namun tidak ada realisasinya hingga saat ini, dan kami disediakan tempat di Gereja yang ada di Citra Raya yang kami nilai terlalu jauh, ujar Hotma.

Saat ini Jemaat yang mengikuti ibadah bersama di tempat Pdt Abraham Boys sebanyak 15 orang yang semuanya berasal dari sekitar Desa Pasir Jaya, ketika dilakukan penyegelan Pdt Abraham sedang tidak berada di tempat dan berdasarkan informasi keluarga beliau sedang melaksanakan tugas sebagai pendeta di Sukabumi. (Aditya)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 2 + 13 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.