IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Penampahan Kuningan, Harga Buah-Buahan Melonjak

IndonesiaBicara.com-Amlapura, (11/02/12). Sehari sebelum Hari Raya Kuningan, Pasar Karangsokong, Subagan, diserbu warga Karangasem, Jumat, (10/02) pagi tadi. Kondisi ini memicu meningkatnya sejumlah harga buah-buahan di pasar itu. Kebanyakan warga mencari buah-buahan guna merayakan Hari Raya Kuningan besok.

Seorang pedagang buah dan jajan Bali Ni Wayan Sumiati, Jumat (10/02) di pasar setempat, mengatakan sehari menjelang Hari Raya Kuningan warga Karangasem yang datang ke Pasar Karangsokong mengalami peningkatan hingga 200 persen dari hari biasa. Sejumlah pedagang pun nampak sumringah dan kewalahan melayani pembeli.

“Saya sampai mengajak, ketiga anak saya dan suami saya untuk membantu melayani pembeli. Suami saya juga mengajak kedua saudaranya untuk membantu saya”, katanya.

Dari pengamatan di Pasar Karangsokong, harga buah seperti jeruk Bali yang di hari biasa di jual dengan Rp. 5000 per kilogram, menjelang hari raya Kuningan naik menjadi Rp. 7000-8000 ribu per kilogramnya. Selain itu buah lainnya seperti buah Manggis, di hari biasa di jual dengan harga Rp. 5000 ribu, naik menjadi Rp. 8000-9000 ribu per kilogramnya. Apel merah dari Rp. 5000 ribu naik menjadi Rp. 8000 ribu.

Kondisi ini menurut Sumiati hanya terjadi saat Hari Raya saja. Besok diperkirakan harganya pasti akan normal kembali, karena besok sudah memasuki Hari Raya Kuningan.

Salak, Buah Ikon Karangasem Malah Anjlok

Sementara itu, buah salak yang menjadi ikon Karangasem, harganya malah anjlok hingga Rp.700 per kilogram. Anjloknya harga salak karena saat ini sedang musim panen. Selain itu juga karena penyebrangan ke Lombok dari Pelabuhan Padang Bai sempat ditutup hingga satu minggu. Sehingga para petani salak di Karangasem yang sebelumnya sering mengirim buah salak mereka ke Lombok, terpaksa di jual ke pasar lokal di Karangasem.

Lokal Baru

Dari pengamatan di Pasar Karangsokong, Amlapura, terlihat sejumlah lokal pedagang yang baru sudah mulai dibangun. Pembangunan lokal pedagang yang baru ini seperti rencana Pemerintah Karangasem sebelumnya, untuk memindahkan para pedagang di Pasar Amlapura Timur ke Pasar Karangsokong, Subagan. Menurut para pedagang di Pasar Karangsokong, Pedagang di Pasar Amlapura Timur mulai menempati lokal-lokal baru itu, setelah perayaan Kuningan. Hingga Jumat, (10/2) pembangunan lokal baru belum selesai seratus persen.

Rencananya, Pasar Amlapura Timur di Jantung Kota Amlapura itu akan di pugar oleh pemerintah Kabupaten Karangasem. Para pedagang dipasar itu pun akan diminta pindah sementara ke Pasar Karangsokong, Subagan. (*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 9 + 8 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.