IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Pemuda Punya Peran Penting Dalam Pemilukada Tangsel

IndonesiaBicara.com-Tangerang Selatan, (17/06/10). Pemuda memiliki peran yang penting dalam pelaksanaan Pemilukada Kota Tangsel, hal ini diungkapkan oleh Ketua KNPI Tangsel Lukman Hakim dalam Dialog Publik yang digelar oleh Pemuda Integritas Tangerang Selatan (PITA Selatan) di Wisma Syahida Inn UIN Syarif Hidayatullah Ciputat, Kamis (17/06).

Menurut Lukman, Pemuda bisa mengambil kesempatan dalam Pemilukada Kota Tangsel, mengingat masyarakat Kota Tangsel adalah masyarakat yang cerdas dan rasional sehingga jika ada pemuda yang memiliki kualitas dan kemampuan dalam memimpin maka kemungkinan terpilih menjadi Walikota Tangsel cukup besar.

“Pemuda Tangsel jangan takut dengan para tokoh-tokoh masyarakat Tangsel yang akan maju dalam Pemilukada, jika pemuda memiliki kemampuan dan kualitas bisa saja menang dalam Pemilukada, karena sebagian besar masyarakat Tangsel adalah masyarakat yang terdidik sehingga lebih rasional dalam menilai pemimpin,” terangnya.

Lukman mengambil contoh salah satu tokoh muda yang berhasil dalam Pemilihan Ketua Umum Partai Demokrat beberapa waktu lalu. “Saat ini banyak sekali pemuda yang mulai tampil dalam dunia perpolitikan, sebagai contoh baru-baru ini Anas Urbaningrum yang merupakan tokoh muda berhasil menjadi Ketua Umum Partai Demokrat dan banyak pula pemuda yang berhasil menjadi Walikota dan Bupati di berbagai daerah,” ungkap Lukman Hakim.

Diluar negeri, lanjut pria yang juga Anggota KPU Propinsi Banten ini, Barack Obama sebagai pemuda berhasil terpilih menjadi senator dan yang paling mengejutkan adalah Obama berhasil menjadi Presiden Amerika Serikat.

Lukman menambahkan sebagai daerah otonomi baru Kota Tangsel memiliki semangat dalam membangun, namun nantinya ditengah-tengah perjalanan tentu akan ada pelanggaran yang terjadi, “Dibutuhkan peran pemuda sebagai pengawal serta sebagai control terhadap jalannya Pemerintahan Kota Tangsel,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Hasan Mustofi menceritakan bahwa dari masa perjuangan, orde lama, orde baru sampai dengan orde reformasi peran pemuda sangat dominan, namun pemuda-pemuda yang berperan adalah pemuda yang memiliki kualitas yang baik.

Pemuda dalam pemilukada Kota Tangsel, tambah Hasan Mustofi diharapkan bisa berperan penting, bisa sebagai Calon Walikota Tangsel ataupun sebagai PPK maupun PPS, karena jika orang-orang tua yang berperan maka gerakannya selalu lambat, kalau pemuda yang berperan akan memiliki kecepatan.

“Pemuda di Kota Tangsel merupakan basis suara yang cukup signifikan, untuk itu perlu diperhatikan dan jangan sampai pemuda diekspolitasi dan dimobilisasi. Pemuda harus memiliki wawasan yang luas dan harus memilih Calon Walikota Tangsel yang mempunyai visi misi jelas dan figur yang kuat serta mempuyai ketegasan dalam berpolitik,” tandasnya. (rintho)

Komentar ditutup.