IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Pemindahan Makam Pahlawan Banau Belum Terealisasi

IndonesiaBicara-Jailolo, (12/11/11).  Pemindahan makam Pahlawan Banau yang merupakan salah satu program kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) belum dapat terealisasi. Pasalnya makam pahlawan yang terletak di Desa Gufasa ini belum mendapatkan restu penuh dari pihak keluarga dan tokoh masyarakat untuk dipindahkan.

Tempat baru untuk makan Pahlawan Banau di yang terletak di Desa Bukumatiti hingga saat ini masih terus dikerjakan oleh Pemda Halbar.

Camat Jailolo Icksan MT Ali menyatakan bahwasanya pihak keluarga Pahlawan Banau hanya menginginkan batu nisan dan perlengkapan yang pindahkan ke tempat baru. Pihak keluarga tidak menginginkan seluruh bagian makam dipindahkan dari Desa Gufasa ke Desa Bukumatiti.

Sementara itu, pihak keluarga Pahlawan Banau dan juga tokoh masyarakat di Halbar, Idrus H Ishak mengutarakan tidak akan bertanggung jawab jika ada hal-hal yang tidak diinginkan saat pemindahan makam Pahlawan Banau.

Menurutnya, Pahlawan Banau merupakan tokoh panutan masyarakat dan dikhawatirkan akan timbul konflik di masyarakat pada saat pemindahan makam tersebut karena masyarakat Halbar sangat memegang teguh keyakinan dan sejarah di masa lalu. (*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 14 + 13 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.