IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Pembangunan JORR 2 Menuai Protes Warga

IndonesiaBicara-Tangerang Selatan (14/12/09). Pembangunan Jalan Tol JORR 2 (Jakarta Outer Ring Road) menuai protes dari warga yang diperkirakan rumahnya dilewati oleh pembangunan jalan tol tersebut. Perwakilan Warga Duta Bintaro Ichsan Nafarid menjelaskan bahwa Pembangunan JORR 2 sangat meresahkan warga karena menurut informasi JORR 2 akan memotong kawasan perumahan Duta Bintaro. Sedikitnya sekitar 80 rumah di Blok B Kluster Kintamani dan Blok AA Kluster Uluwatu di RW 7 Kel. Pakujaya, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan. “Warga sudah pernah mengirimkan surat kepada Walikota Tangsel dan Gubernur Banten perihal penolakan warga terhadap pembangunan Tol JORR yang melewati perumahan Duta Bintaro, namun hingga saat ini belum ada tanggapannya” terang Ichsan.

“Apabila Pemerintah tetap melakukan pembangunan Tol JORR tersebut maka warga akan melakukan upaya hukum dan somasi kepada Pemerintah”, lanjutnya

Ichsan mengatakan pada tahun 2004 ketika warga akan membeli rumah di perumahan Duta Bintaro ini, PT Eka Paksi Mulya Buana (Pengembang Duta Bintaro) menjelaskan bahwa memang akan ada pembangunan jalan tol namun posisinya dibelakang perumahan dan oleh pengembang sengaja tidak dibangun. Mulai Tahun 2008 rencana pembangunan JORR 2 titiknya berpindah-pindah bahkan saat ini dikabarkan akan membelah perumahan Duta Bintaro.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah/BAPEDDA Kota Tangsel, Hasdanil saat dihubungi indonesiabicara.com mengakui akan adanya pembangunan jalan tol JORR yang melewati wilayah Kota Tangsel, namun Hasdanil menjelaskan bahwa rencana tersebut belum final. “Saya masih belum mengetahui secara pasti wilayah mana saja di Kota Tangerang Selatan yang akan dilakukan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan Tol JORR 2,” jelas Hasdanil.

“Mereka (pengelola jalan tol JORR 2) masih melakukan pembahasan dan pematangan rencana pembangunan JORR 2, setelah pasti barulah akan mengajak warga untuk sosialisasi dan penjelasan agar tidak terjadi konflik,” tambah Hasdanil.

Menurut informasi Rencananya Jalan Tol JORR 2 akan dibangun tujuh ruas, antara lain : Cinere-Cimanggis-Jagorawi sepanjang 14,7 KM, Depok-Antasari sepanjang 21,7 KM, Cinere-Serpong sepanjang 10,14 KM, Serpong-Tangerang sepanjang 11,19 KM, Tangerang-Bandara Soekarno Hatta sepanjang 55,73 KM, Jagorawi-Cibitung sepanjang 25,21 KM dan Cikarang-Tanjung Priok sepanjang 34 KM. Pembangunan Jalan Tol JORR 2 yang akan melewati wilayah Kota Tangsel diantaranya adalah Kel. Pakujaya, Kel. Pondok Jagung Timur dan Kel. Jelupang seluruhnya masuk di Kec. Serpong Utara Kota Tangsel dengan luas sekitar 11 hektar. (rintho).

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 6 + 5 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.