IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Pengawas Pemilukada Dituntut Untuk Bersikap Profesional

IndonesiaBicara-Amlapura (16/04/10). Pengawas Pemilihan Umum Kepala Daerah (Panwaslu) Kabupaten Karangasem melantik 78 orang Pengawas Pemilukada Lapangan (PPL) di Wantilan Pemkab Karangasem, acara tersebut dengan ditandai penandatangan berita acara pelantikan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Karangasem I Putu Eka Pariawan menyatakan pelantikan pengawas Pemilukada Lapangan (PPL) merupakan prasyarat yang diamanatkan aturan perundangan dalam rangka melakukan pengawasan pelaksanaan Pemilukada di Kabupaten Karangasem 4 Mei mendatang. Untuk menekan timbulnya penyimpangan dalam proses tahapan Pemilukada, maka peran petugas pengawas sangat penting sebagai bagian upaya mengawal pelaksanaan pemilihan umum secara langsung . Timbulnya sengketa seputar pemilihan umum dikarenakan pelaksana dan peserta melakukan penyimpangan aturan perundangan yang dipersyaratkan, untuk itu diperlukan sistim pengawasan yang profesional.

Sekda Kabupaten Karangasem Drs I Nengah Sudarsa, MSi dalam kesempatan yang sama menjelaskan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemilukada tahun 2010 diperlukan pola pengawasan yang memadai dan profesional sehingga tidak terjadi masalah krusial dalam setiap tahapan Pemilukada. Ia berpesan semua petugas Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) melakukan tugasnya secara konsekwen berdasarkan aturan perundangan sehingga tidak memihak kepada salah satu peserta. Ia optimis manakala petugas bersikap independen dan menjunjung tinggi aturan hukum yang telah digariskan, Pemilukada di Kabupaten Karangasem sebagai proses suksesi kepemimpinan daerah dapat berjalan sesuai harapan.(*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 12 + 2 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.