IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Pedagang di Pantai Ketapang Lombok Utara Resahkan Musim Angin Barat

IndonesiaBicara.com-Lombok Utara, (10/01/10). Musim angin barat mulai dirasakan di bulan Januari ini. Tadi malam (09/01) air laut sudah mulai meninggi dan memasuki areal pedagang di sepanjang Pantai Ketapang, Selengen, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Di pantai tersebut ada sekitar 20 pedagang yang berdagang dan merasa terancam dengan datangnya musim barat. Satu tahun yang lalu musim barat menaikkan air laut hingga menyeberangi badan jalan dan beberapa warung rusak dan hanyut oleh gelombang pasang tersebut.

“Semalam air laut sudah mencapai warung, saya sedang mengemasi barang siapa tahu nanti malam air pasang,” ujar Haeruni pedagang di Pantai Ketapang kepada IndonesiaBicara.com (10/01).

Seperti biasanya pada bulan Januari terjadi musim barat, dimana air laut mengalami gelombang pasang. Kondisi tersebut sudah diprediksi oleh warga sekitar sehingga menghadapi musim barat beberapa warung yang ada tidak memenuhi dagangannya bahkan ada yang menutup dagangannya. Kondisi ini akan mencapai puncaknya nanti pada bulan-bulan penuh. “Tadi malam terjadi gelombang yang pertama dan mencapai warung tempat kita berdagang, dan akan mencapai puncaknya pada tanggal 15,” ujar Haeruni.

Untuk menyelamatkan bangunan warung tempat berdagang rencananya para pedagang akan mengikat warung yang terbuat dari bambu tersebut dengan pepohonan yang ada. “Rangka bangunan akan kami ikatkan dengan pohon agar tidak terseret gelombang, jika kondisi memburuk,” tandasnya.

Kondisi gelombang pasang di Pantai Ketapang juga diperparah dengan terjadinya abrasi yang terjadi beberapa tahun terakhir. “Dahulu warung berada 10 meter kearah pantai namun sekarang mendekati badan jalan,” pungkasnya. (pul)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 11 + 8 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.