IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Patra: Pembakaran Buku Revolusi Agustus Melanggar Hak

IndonesiaBicara.com – Jakarta (12/9). Pembakaran buku Revolusi Agustus karya Dahlan Iskan, wartawan Senior/mantan Pemred Jawapos oleh FPI dan melibatkan Prof. Aminuddin Kasdi, di Surabaya mendapat protes dari Patra M. Zen, Direktur YLBHI.

“Saya merekomendasikan agar Prof. Aminuddin Kasdi untuk di-review kembali gelar guru besarnya, dengan mekanisme akademis tentunya untuk dicabut, hal ini dikarenakan secara etika, norma dan keilmuan ini sangat memalukan, advokat itu jika melanggar kode etik maka ijinnya bisa dicabut, kenapa guru besar tidak,” demikian yang dikatakan Patra M. Zen pada konferensi pers di kantor YLBHI Jakarta, Jumat (11/9).

“Pembakaran buku bukan hanya pidana, tapi bisa lebih dari itu. Ini sudah masuk ancaman hak konstitusional negeri ini, dan juga ancaman peradaban di negeri ini. Peradaban negara itu dilihat dari jumlah buku berkualitas yang diterbitkan dalam sebuah negara,” lanjut Patra.

Dalam kesempatan tersebut Wilson, menjelaskan kronologis peristiwa tersebut ”Pada bulan Agustus Dahlan Iskan mengundang Soemarsono (pelaku sejarah) ke Surabaya untuk menapak tilas sejarah Soemarsono dalam revolusi Surabaya tahun 1948, bertemu dengan walikota, dan sempat mengikuti upacara bendera yang sudah tidak pernah dilakoninya selama 60 tahun”.

Dari perjalanan napak tilas tersebut lanjut Wilson disusun tulisan yang cukup obyektif sesuai fakta dan bersambung berbentuk artikel berisi catatan perjalanan tersebut dan wawancaranya dengan Soemarsono. Tulisan tersebut memunculkan provokasi dari kelompok-kelompok berbau fasi seperti FPI dan lain sebagainya yang kemudian bergabung dalam Front Anti Komunis mulai menggugat Dahlan Iskan dan tulisan-tulisannya yang dianggap pro PKI.

Mereka melakukan demonstrasi di kantor Jawapos, menuntut Dahlan Iskan menarik tulisannya, dan secara seremonial membakar buku dan koran yang memuat tulisan tentang Soemarsono dan meminta maaf atas tulisannya. Sampai saat ini Dahlan Iskan tidak akan menarik tulisannya.  (rizky)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 11 + 11 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.