IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Patahan Lempeng Bumi Menyebabkan Gempa di Bengkayang dan Singkawang

IndonesiaBicara-Singkawang, (07/09/11).Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak, menyatakan bahwa patahan lempeng bumi kecil sekitar 37 kilometer dari arah Barat Bengkayang menjadi penyebab pusat gempa di Kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah kita lakukan untuk mengetahui penyebab gempa yang terjadi di Bengkayang dan Singkawang, dipastikan akibat patahan lempeng bumi kecil yang terdapat di wilayah Bengkayang,” kata Kepala BMKG Supadio Pontianak, Bambang, Rabu (07/09).

Dia menjelaskan, lempengan kecil tesebut memiliki struktur tersendiri dan berada di luar lempeng bumi Asia maupun Australia. Pihaknya melakukan penyelidikan tehadap gempa di Singkawang dan Bengkayang dilandasi rasa keingintahuan pihaknya, karena selama ini di Kalimantan Barat tidak pernah tejadi gempa bumi.

“Belum ada sejarahnya tejadi gempa di Propinsi Kalimantan Barat, baru akhir Agustus lalu hal itu terjadi. Makanya kita berusaha untuk mempelajarinya,” tuturnya. Namun, lanjut dia, karena keterbatasan peralatan yang ada, pihaknya masih belum bisa memastikan berapa panjang lempeng bumi yang ada di Kalimantan Barat. (WRA)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 14 + 6 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.