IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Pasca Pileg 9 April, Tangsel Relatif Aman

IndonesiaBicara.com-SETU (15/04/14). Pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April 2014 lalu, khususnya di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dinilai berjalan lancar dan aman. Hal ini dikatakan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Tangsel, Salman Faris dalam jumpa pers bersama wartawan lokal dan nasional di Aula Kantor Satpol PP Kota Tangsel, Selasa (15/04).

Menurut Salman Faris menjelang dan selama pelaksanaan Pemilu Legislatif cukup lancar terutama dalam kampanye maupun dalam hari tenang, dimana Kesbangpolinmas Tangsel terus melakukan koordinasi dengan Satpol PP dalam upaya menertibkan atribut Pemilu yang masih terpasang di jalan protokol dan jalan se-Tangsel

“Hasilnya adalah Tangsel mayoritas dalam hari tenang hingga pencoblosan 9 April 2014 bersih dari atribut partai politik”, katanya.

Salman Faris menambahkan, Situasi politik Tangsel yang aman dan lancar ini, sedikit banyaknya dikarenakan upaya yang sudah dilakukan Kesbang.

“Untuk membuat Pileg lancar dan aman, kami telah melakukan¬† pembinaan politik kepada parpol dan kepada masyarakat baik tentang kerukunan maupun tentang wawasan kebangsaan di Tangsel”, tambahnya.

Diakui memang saat proses penghitungan suara di tingkat kelurahan ada beberapa Caleg yang tidak terima, namun hal ini masih bisa diatasi dan tidak berpengaruh dengan situasi kondisi politik keamanan di Tangsel.

“Kedepannya Kesbangpolinmas Kota Tangsel dalam menjaga stabilitas politik pasca Pemilu Legislatif dan jelang pelaksanaan Pemilu Presiden 9 Juli 2014 mendatang akan lebih melibatkan Forum yang ada dibawah koordinasi Kesbangpolinmas seperti Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembauran dan Kerukunan (FPK). Sedangkan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) masih belum efektif dan tidak jalan, untuk itu kedepannya akan lebih ditingkatkan peran FKDM dalam menjaga stabilitas politik di Tangsel”, kata Salman

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Asda III Pemkot Tangsel, Nur Slamet menjelaskan bahwa secara umum situasi politik di Tangsel pasca Pemilu Legislatif 09 April 2014, masih cukup aman dan terkendali. Hal ini merupakan salahsatu hasil dari upaya yang dilakukan oleh Kesbangpolinmas sebelum penyelenggaraan Pemilu legislatif lalu.

“Pemkot Tangsel sebelum pelaksanaan Pileg, tidak bosan-bosan mengingatkan kepada masyarakat, tokoh agama dan seluruh elemen lintas agama untuk mensukseskan Pemilu 2014. Karena ini merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat bukan saja tanggung jawab dari penyelenggara Pemilu atau Pemkot Tangsel saja”, pungkasnya. (Rin)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 13 + 8 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.