IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Glora Sriwijaya Sport City

Panglima TNI dan Kapolri meninjau Glora Sriwijaya Sport City untuk memastikan rencana pengamanan tamu-tamu VVIP.

IndonesiaBicara-Palembang, (31/10/11). Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan rombongan meninjau langsung Glora Sriwijaya Sport City yang akan digunakan sebagai Opening Ceremony SEA Games, yang tentunya akan ditonton dan dikunjungi tamu-tamu VVIP dari negara peserta SEA Games dan para negara sahabat.

“Kedatangan saya bersama Kapolri untuk memastikan bahwa perencanaan pengamanan tamu VVIP dalam pelaksanaan SEA Games berjalan dengan baik dan aman,” kata Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono usai meninjau lokasi Glora Sriwijaya.

Yang mana diperkirakan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono bahwa pengamanan untuk tamu-tamu VVIP bukan hanya Presiden RI tetapi yang hadir juga Kepala Negara dari peserta SEA Games dan negara sahabat.

“Oleh karena itu saya memastikan perencanaan pengamanan VVIP, apa yang direncanakan diharapkan dapat berjalan dengan baik dan sudah dikoreksi hanya tinggal ditinjau saja apakah yang direncanakan itu bisa dimungkinkan dilaksanakan atau tidak,” katanya.

Untuk memastikan pengamanan tamu-tamu VVIP, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono beserta rombongan mengunjungi Glora Sriwijaya Sport City, Venues Aquatic dan akses jalan mulai dari bandara sampai ke lokasi venues.

Terhadap pengamanan internasional untuk tamu-tamu  VVIP yang berasal dari negara peserta SEA Games serta negara Sahabat, nantinya setiap Kepala Negara akan membawa serta pasukan pengamanan kepresidengan mereka masing-masing.

“Sistem keamanan dari pengamanan internasional yang ikut adalah pasukan pengamanan kepresidenan dari masing-masing negara yang ikut serta, yang mana memang melekat pada Presiden yang akan berada pada Ring I bersama dengan Paspampres RI kita,” jelas Panglima TNI.

Tentunya ada standar-standar yang harus dipenuhi dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik, terhadap jumlah  personil pengamanan internasional berbeda-beda, sedangkan dari kita hanya 1 grup, kalau Presiden dikawal dengan Grup A kalau tamu-tamu asing akan dikawal dengan Grup C yang akan bersinergi dengan pasukan yang disiapkan,” jelasnya.

Sedangkan personil pengamanan tamu VVIP dalam pelaksanaan SEA Games sendiri diantaranya dari Paspampres, Kodam, dan Polisi.

“Semua bersenergi dan sebagai Penanggung Jawab Pengamanan VVIP pada saat kedatangan itu adalah Panglima TNI sedangkan Wakilnya ialah Kapolri. Kebalikannya pada saat tamu VVIP keluar sebagai Penanggung Jawab Pengamanan VVIP Kapolri dan Wakilnya Panglima TNI, ini kita lakukan agar sistem keamanan bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono juga mengharapkan kerjasamanya antara warga dan media masa untuk ikut mensukseskan.

“Saya mengharapkan warga dan media massa kalau menemukan hal-hal yang tidak semestinya tolong kasih tahu aparat kita sehingga kita dengan mudah melakukan tindakan-tindakan awal dari tindakan yang tidak kita inginkan,” pinta Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono.

Hal senada juga diungkapkan Kapolri Timur Pradopo terhadap kesiapan Polisi RI dalam pengamanan SEA games.

“Saya hanya menambahkan bahwa Sumsel khususnya Palembang dimana peran serta masyarakat harus terlibat langsung bagaimana semua tamu yang datang ke sini merasa nyama dan aman,” kata Timur.

Sehingga pelaksanaan SEA Games dapat berjalan dengan aman dan kita bisa menjual bahwa Kota Palembang nyaman dan aman untuk dikunjungi sehingga suasana benar-benar bersahabat, harus kita wujudkan, katanya. (Anto)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 4 + 10 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.