IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

MUI Belum Menetapkan Tanggal Jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 1432 H

IndonesiaBicara-Makassar, (27/08/11). MUI sebagai wadah atau lembaga yang mempersatukan umat Islam mempunyai dua pendekatan untuk memadukan perbedaan dalam menyikapi Hari Raya Idul Fitri.

Dalam Konferensi Pers yang di laksanakan di Kantor MUI Sulsel (Masjid Raya Makassar), Rahim Yunus (Ketua Harian MUI Sulsel) mengatakan bahwa pendekatan tersebut melalui pendekatan Taufik (memadukan, mengkompromikan tanpa meninggalkan salah satu) dan juga pendekatan Tarji’ (melihat mana yang lebih kuat diambil walaupun yang tidak kuat itu bukan berarti salah).

“Pemerintah dalam menentukan Hari Raya (1 Syawal) berdasarkan kepada Kementrian Agama dan hal tersebut akan ditetapkan pada tanggal 29 Ramadhan ketika menunggu laporan pada sidang Isbath Ramadhan di Lembaga Majlis Hisab dan Ru’yah”, papar Rahim.

Posisi Hilal pada hari Senin 29 Ramadhan nanti, di kawasan Indonesia bagian Barat, posisinya sudah berada di atas ufuk (1,5 derajat/posisi rendah) dan besar kemungkinan bulan tidak terlihat dan sulit untuk di Ru’yah. Dalam hal ini, Kementrian Agama mengumpulkan seluruh ahli-ahli Ru’yah/hisab dari berbagai organisasi untuk menetapkan bulan Ramadhan.

MUI masih menunggu hasil dari pada Senin malam tersebut (29 Ramadhan) dan berdasarkan masukan-masukan di lapangan, baik jajaran Kementrian Agama dan organisasi-organisasi (Muhammadiyyah, NU dll) Kementrian Agama akan melaporkan hasil penetapan 1 Syawal.

MUI tidak mempermasalahkan jika terjadi perbedaan dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri. MUI hanya menekankan kepada masyarakat khsusnya umat Islam agar saling menghormati dan tidak saling menyalahkan. (rd)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 6 + 13 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.