IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Minimalisir Kesalahan, Pemilihan Ketua PP Muhammadiyah Gunakan Sistem Online

IndonesiaBicara-Yogyakarta.(03/07/10). Untuk meminimalisasi atau mengurangi kesalahan entri data yang masuk, sistem perhitungan suara pada pemilihan anggota tetap dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah dilakukan dengan komputerisasi atau sistem online.

Demikian disampaikan Koordinator Sie Information Technology (IT) Panitia Otorita Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Wahyudi, ST, MT di Kampus Terpadu UMY ketika menjelaskan sistem perhitungan secara online pada pemilihan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Lebih lanjut Wahyudi menjelaskan, selain menimimalisasi kesalahan data, hal ini juga dipengaruhi adanya perkembangan teknologi. “Adanya perkembangan teknologi juga menuntut untuk perhitungan suara pada pemilihan anggota tetap maupun Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammdiyah secara online,” urainya.

Wahyudi memaparkan, keunggulan cara penghitungan online dibandingkan dengan sistem penghitungan konvensional yaitu lebih cepat.”Lebih cepat, karena ketika selesai dibacakan data akan langsung dimasukkan ke komputer. Selain itu juga lebih akurat, karena dilengkapi software tertentu untuk mencegah terjadinya kesalahan memasukkan data. Terlebih pada sistem ini keakuratannya bisa mencapai 99 %,” tuturnya.

Terkait dengan bagaimana para muktamirin menentukan pilihannya, Wahyudi menuturkan, para muktamirin yang memiliki hak pilih akan menuliskan pilihannya secara manual. “Akan disediakan kertas suara yang berisi 39 nama calon tetap Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Kemudian para muktamirin akan mengisi 13 calon yang dipilih. Setelah itu kertas suara tersebut dikumpulkan dan dientri data melalui komputer. Untuk keperluan perhitungan suara tersebut disediakan 10 komputer dengan 20 orang yang akan bertugas dalam perhitungan suara,” paparnya.

Nantinya begitu data dimasukkan, secara langsung peringkat juga akan berganti. “Jika dengan cara konvensional masih harus mengecek lagi berapa jumlah posisi pertama dan kedua. Tetapi jika menggunakan sistem online, secara otomatis jumlah akan diketahui dan peringkat yang ada juga langsung berubah. Sehingga sistem ini jauh lebih cepat dibandingkan sistem perhitungan yang sebelumnya,” tegasnya.

Melalui sistem perhitungan online ini juga dapat menjadikan para muktamirin lebih cepat mengetahui jumlah perhitungan yang terjadi saat itu juga. “Akan disediakan layar yang menayangkan hasil perhitungan secara live sehingga para muktamirin langsung dapat mengetahui pergerakan hasil perhitungan. Layar proyektor akan ditempatkan di aula khusus selama masa perhitungan berlangsung,” jelasnya.

Wahyudi berharap sistem perhitungan online ini dapat menghasilkan output yang lebih cepat. “Semoga sistem dapat berjalan lancar sehingga para muktamirin dan penggembira juga dapat mengikuti perkembangan perhitungan suara dengan baik,” pungkasnya. (fir)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 13 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.