IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Mewujudkan ASEAN Community In A Global Community

IndonesiaBicara-Lombok Barat, (15/01/11). Pertemuan para delegasi negara ASEAN dalam rangkaian kegiatan para Menteri Luar Negeri negara-negara ASEAN berlanjut di Sentosa Village and Resort, Senggigi, Lombok Barat. Senior Officer Meeting (SOM) yang dihadiri utusan dari 10 negara ini membahas isu-isu strategis seputar kepentingan negara-negara ASEAN.

Dirjen Kerjasama Luar Negeri Kementrian Luar Negeri RI, Djauhari Oratmangun, yang hadir sebagai utusan dari Indonesia menyampaikan bahwa pelaksanaan SOM pada tahun 2011 membahas berbagai kajian mengenai penanganan perbatasan antar wilayah ASEAN dan bidang keamanan.

Isu-isu lainnya ialah mengenai stabilitas keuangan negara ASEAN dan sosial budaya terkait masalah klaim aset-aset kebudayaan.

SOM juga mengusung tema ASEAN Community In A Global Community sebagai tolak ukur terbentuknya komunikasi ASEAN yang lebih bertanggung jawab dan kolektifitas dalam menangani berbagai isu dan tantangan global.

Djauhari kemudian melanjutkan bahwa Indonesia memiliki kekuatan untuk ASEAN di tahun 2011 terkait momentum penting dalam meletakkan fondasi atau landasan bagi kemajuan ASEAN pasca komunitas ASEAN di tahun 2015 dengan memperkokoh implementasi secara penuh terhadap cetak biru pilar politik, keamanan, ekonomi dan sosial budaya menuju komunitas ASEAN di tahun 2015.

Selanjutnya Indonesia berperan dalam memperkuat peran ASEAN dalam bentuk arsitektur regional dikawasan Asia Pasifik dan ditingkat global. Kekuatan Indonesia juga harus merefleksikan kepemimpinan Indonesia di ASEAN, bukan hanya sekedar menjalankan fungsi penyelenggaraan ASEAN. (Ary)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 13 + 2 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.