IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Merebaknya Penyakit Chikungunya di Kecamatan Bengkunant Belimbing Kabupaten Lampung Barat

IndonesiaBicara-Lampung Barat, (30/11/09). Merebaknya penyakit cikungunya di Kecamatan Bengkunat Belimbing Kabupaten Lampung Barat dalam kurun beberapa bulan ini sangat cepat menyebar. Sukarno (warga Pekon Sumberagung) menyatakan bahwa Gejala penyakit chikungunya tersebut diketahui muncul secara tiba-tiba pada satu bulan lalu. Para penderita termasuk yang menyerang isteri dan anaknya mengungkapkan mulanya korban merasakan demam tinggi disertai linu di persendian serta rasa sakit pada tulang. Gejala yang sama lama kelamaan menyebar ke pekon lain.

Wardoyo (warga Pekon Sumberagung) menyatakan bahwa penyakit tersebut datang secara tiba-tiba, tidak ada tanda tanda sebelumnya. Tiba-tiba saja rasa pegal di sendi-sendi kaki, badan terasa panas dan tubuh penderita langsung lemas. Saat ini warga yang terserang penyakit chikungunya merata di Pekon Sumberagung, bahkan saat ini warga yang terserang lebih banyak terserang dibanding yang sehat. Penanganan penyakit yang dilakukan dari petugas kesehatan diwiayah Pekon Sumberagung sampai saat ini hanya ditangani oleh satu bidan. Sedangkan penanganan dari pihak instansi terkait hingga saat ini belum pernah ada. Mengingat pentingnya penyakit ini ditangani serius para dokter, berharap segera datang bantuan dari Dinas Kesehatan.

dr. Rahel (Kepala Puskesmas Bengkunat Belimbing) menyatakan bahwa penyakit chikungunya diketahui merebak di Kecamatan Bengkunat Belimbing, Lampung Barat. Penyakit tersebut merebak di enam Pekon, yakni Sumberagung, Sidomulyo, Bukit Kejadian, Pemerihan, Srimulyo, dan Sukaharjo. Dinas Kesehatan setempat dan Provinsi telah melakukan peninjauan ke lokasi, dan akan segera membentuk posko-posko khusus yang akan memberikan pengobatan intensif terhadap para korban chikungunya.

Opini
Penyakit Chikungunya yang disebabkan oleh virus Alphavirus dengan perantara nyamuk Aedes Aegypti sekarang ini peyebarannya sangat cepat di wilayah Provinsi Lampung. Hal tersebut perlu dijadikan perhatian bagi Dinas Kesehatan di wilayah Provinsi Lampung khususnya Kabupaten Lampung Barat dimana penyebaran penyakit cikungunya sudah menguasai enam Pekon di Kecamatan Bengkunat Belimbing.

Seharusnya pihak Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Pemkab untuk sosialisasi cara pencegahan dan penanggulangan penyakit chikungunya. Selain sosialisasi dilakukan juga kegiatan-kegiatan yang sesegera mungkin dilaksanakan untuk pencegahan awal seperti pengasapan (fogging) dan kerja bakti membersihkan sampah-sampah yang dapat menjadikan genangan air sebagai sarang nyamuk tersebut. (deny)

1 komentar untukMerebaknya Penyakit Chikungunya di Kecamatan Bengkunat Belimbing Kabupaten Lampung Barat

  • zainaal aabidin

    sampai saat ini blum ada tindakan penanggulangan dr dinas terkait sengga sampai sekarang penyebaaran penyakit cikunguyan di kcmatan ini masih berlansung sejak 6 bulan trahir..
    kapan dinas terkait bertindakk..?

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 2 + 5 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.