IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Menjelang Idul Fitri 1432 H Disperindag Karangasem Sidak Pusat Perbelanjaan

IndonesiaBicara-Amlapura (23/08/2011). Tim Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karangasem dipimpin Kadis I Wayan Bendesa melakukan sidak terhadap sejumlah produk barang–barang pabrikan baik makanan maupun minuman yang ada di Pasar Amlapura, Pasar Indo-Mart dan Hardys Karangasem (22/08).

Dalam sidak yang sengaja digelar dalam rangka mengamankan ketersediaan sembako dan bahan pangan bagi masyarakat yang aman dan terkendali, terutama dari kemungkinan adanya makanan kadaluwarsa atau expired yang dapat merugikan konsumen atau masyarakat. Sidak di Indo-Mart diperiksa makanan jenis kemasan mi instan, namun dari keseluruhan barang yag dicek tidak ditemukan barang yang kadaluarasa.

Sementara di pertokoan Hardys Grosir Karangasem pemeriksaan difokuskan pada jenis makanan dan minuman serta paket kiriman barang parsel. Paket-paket parsel yang sudah siap jual diminta dibongkar untuk menemukan kemungkinan dimasukkannya barang menjelang kedaluwarsa sehingga begitu ada ditangan konsumen sudah masuk katagori expired.

Untuk jenis mekanan dan minuman kadaluwarsa memang tidak dijumpai, namun sejumlah makanan ditemukan masa berlakunya menejlang habis tinggal 1–2 bulan, langsung disarankan untuk siap-siap ditarik dari peredaran.

Kadisperindag I Wayan Bendesa mengatakan, sidak makanan kedaluwarsa dilakukan untuk mencegah terjadinya dampak negatif dan kerugian dipihak masyarakat, karena makanan maupun minuman kadaluwarsa membawa efek bagi kesehatan.

Informasi di sejumlah media sudah banyak ditemukan jenis makanan kadaluwarsa yang ternyata merugikan knsumen, untuk itu mengigat menjelang lebaran permintaan akan barang-barang seperti makanan dan minuman meningkat drastis, maka diperlukan suatu sistim pengawasan yang baik terhadap penyedia barang konsumen, di Pasar, toko swalayan seperti Hardy’s dan Indo-Mart.

Agenda sidak langsung ke lapangan akan terus dilakukan menjelang Idul Fitri sehingga dapat diyakinkan bahwa di Karagasem tidak ada makanan miuman yang kadaluwarsa. Jika ditemukan barang kadaluwarsa pihaknya tidak segan-segan akan menyita barang tersebut karena sudah nyata-nyata merugikan masyarakat. (*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 2 + 10 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.