IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Meneropong Masa Depan Sektor Perikanan Indonesia

IndonesiaBicara-Pekanbaru, (12/06/12). Indonesia merupakan negara bahari yang dua pertiga luasnya merupakan perairan. Oleh karenanya potensi perairan sangat strategis dalam membangun sistem perekonomian nasional. Negara sebagai pemegang kekuasaan tertinggi seharusnya mampu mengelola sektor ini dengan maksimal yang dipergunakan sepenuhnya bagi kesejahteraan bangsa Indonesia.

Maraknya berbagai kejahatan yang merugikan negara di sektor perairan saat ini sudah sangat memprihatinkan. Salah satu sektor terbesar yang sangat merugikan negara adalah kejahatan di bidang perikanan. Triliunan rupiah hasil kejahatan perikanan telah dinikmati oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab di sektor ini.

Instrumen hukum bukan satu-satunya yang paling dibutuhkan dalam menjaga kekayaan di bidang perairan. Peran serta seluruh elemen yang bersinggungan dengan bidang perikanan perlu dikoordinir dan diawasi dengan baik. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya kejahatan yang justru melibatkan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tingginya tingkat kejahatan ini harus diiringi dengan kemampuan dan teknologi yang yang memadai. Metode pengamanan kekayaan perairan ini tentunya harus selalu mengalami perbaikan dan peningkatan, karena bagaimana pun juga kejahatan ini akan terus berkembang dan dengan teknologi yang semakin maju.

TNI Angkatan Laut, petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan, polisi perairan dan seluruh jajaran penegak hukum bidang perairan perlu mendapatkan perhatian dan ilmu pengetahuan yang lebih baik. Hasil dari sektor perairan dan khususnya perikanan, semestinya menjadi sumber keuntungan untuk dipergunakan mendanai pembangunan.

Ketidakmampuan dan kelemahan pemerintah Indonesia menjaga kekayaan alam di bidang perairan, akan menjadi tolak ukur juga terhadap kemampuan pemerintah menjaga kedaulatan negara.

Dalam bidang pendidikan pemerintah juga terlihat sangat tertinggal dalam mempersiapkan generasi muda yang siap turut serta memantau dan berkarya mengelola sektor perairan. Hal tersebut dapat terlihat dengan cukup jelas, bahwa hanya terdapat beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang berkaitan dengan bidang perairan maupun perikanan secara khusus.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan instansi terkait seharusnya mampu membaca peluang dan tantangan ini.

Tanpa adanya sumber daya manusia yang memadai, maka kesadaran besar untuk mencintai dan mengelola sektor iniĀ  tidak akan berjalan dengan baik. Kedaulatan bidang perairan dan perikanan secara khusus, merupakan tugas besar yang perlu diselesaikan oleh pemerintah. Indonesia sebagai negara kepulauan telah memiliki modal dasar untuk mengelola seluruh potensi yang ada di sektor perairan. (*)

(Setia Rohani – Mahasiswa Fakultas Perikanan & Kelautan Universitas Riau)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Berapa jumlah 13 + 14 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.