IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Gelar Diskusi Tentang APEC

IndonesiaBicara.com-CIPUTAT (5/9/13). Pertemuan internasional bagi negara-negara Asia Pasifik yang tergabung dalam Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) akan digelar bulan Oktober 2013 di Bali. Sedikitnya 21 negara kawasan lingkar pasifik akan hadir di Bali, dengan melibatkan ribuan delegasi maupun wartawan yang akan meliputnya.

Menyikapi gelaran ini, mahasiswa BEM Jurusan Hubungan Internasional UIN Syarif Hidayatullah bekerjasama dengan Youth Leader Institute serta Forum Komunikasi Mahasiswa FISIP Se-Jabodetabek (FKM-FISIP Jabodetabek) menggelar Diskusi Publik membahas tentang APEC yang bertema “APEC and Its Effect for Indonesian Economy, di Aula FISIP UIN Syarif Hidayatullah, Kamis (5/9).

“Agenda utama dari pertemuan APEC Bali sebenarnya adalah memajukan agenda liberalisasi perdagangan melalui dua agenda utama yaitu Infrastructure and connectivity serta Trade facilitation, dimana kedua agenda tersebut semakin nyata menunjukkan bahwa agenda APEC adalah agenda korporasi bukan negara”, kata Salamuddin Daeng dari Indonesia for Global Justice (IGJ).

Sedangkan menurut Dani Setiawan dari Koalisi Anti Utang (KAU), mengatakan bahwa kita harus kembali ke pemahaman UUD 1945 seperti yang terdapat pada pasal 33, segala sesuatu dari dalam perut bumi indonesia dipergunakan sepenuhnya untuk kepentingan rakyat indonesia.

“Jadi sangat disayangkan sekali jika negara menjual semua hasil perut bumi indonesia ini kepada asing. Ditambah lagi dengan nilai tukar dollar Amerika naik sehingga semakin bertambah pula nilai hutang negara indonesia terhadap asing dan diperkirakan jika setiap orang harus membayar hutang negara indonesia terhadap asing maka jumlahnya sebesar 9 juta rupiah per kepala”, katanya.

Sementara itu menurut Imam Fitra Ramadhan dari FKM-FISIP Jabodetabek, mengatakan bahwa sektor usaha kecil dan menengah yang akan sangat mendapat dampak berat karena 2 agenda utama yang akan dibahas di pertemuan Bali.

“Pemuda terutama mahasiswa harus mengambil peran untuk mengkritisi masalah APEC ini terutama soal hutang luar negeri yang ditimbulkan akan dampaknya terhadap memburuknya perekonomian dalam negeri Indonesia”, jelas Imam Fitra Ramadhan.

APEC Summit pada Oktober 2013 adalah pertemuan bagi para negara anggota APEC yang berasal dari 21 negara di kawasan lingkar Pasifik melibatkan sedikitnya 6.000 delegasi dan 2.000 wartawan. Pertemuan yang dijadwalkan selama delapan hari ini akan berlangsung di Nusa Dua, Bali yang meliputi Finance Ministrial Meeting (FMM), Concluding Senior Officials-Meeting (CSOM), APEC Ministrial Meeting (AMM), CEO Summit, dan APEC Economic Leaders-Meeting (AELM) dan Senior Officials Meeting (SOM). (Rin/Amz)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 2 + 7 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.