IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Mahasiswa Tolak Pemberlakuan UU Intelijen

Aksi unjuk rasa sejumlah mahasiswa Kendari menolak RUU Intelijen, (21/04).

IndonesiaBicara.com–Kendari, (23/4/11). Ditengah pembahasan Rancangan Undang-Undang Intelijen oleh Dewan Perwakilan Rakyat RI di Senayan-Jakarta, puluhan aktivis yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Mahasiswa Islam Sulawesi tenggara menggelar aksi unjukrasa menolak pemberlakuan RUU Intelijen tersebut.

Para mahasiswa mengkritisi adanya salah satu pasal dalam RUU tersebut yang memberikan kewenangan terhadap Badan Intelijen Negara (BIN) untuk melakukan penangkapan dan pemeriksaan terhadap orang yang dicurigai tanpa surat perintah dan tanpa diberitahu materi dan tempat interogasi.

“Kalau RUU ini ditetapkan menjadi UU, intelijen akan menjadi superbody sehingga bisa melakukan apapun tanpa kendali terhadap warga negara yang berbeda pendapat maupun kritis terhadap penguasa. Mahasiswa, jurnalis, aktivis LSM merupakan kelompok yang paling rentan terhadap aksi penculikan,” ungkap Koordinator Aksi, Zainal Saputra.

Selain itu, pengunjukrasa rasa juga menangkap adanya kalimat yang tidak didefenisikan secara jelas sehingga bepeluang menjadi “pasal karet” seperti kalimat atau frase “ancaman nasional” dan “musuh dalam negeri”.

Dalam tuntutannya, mahasiswa mendesak pemerintah untuk membatalkan RUU Intelijen karena dikuatirkan akan membahayakan rakyat terlebih aktivitas dakwah. Pengunjukrasa yang bermaksud menyampaikan aspirasinya secara langsung ke Gedung DPRD Provinsi Sultra sempat tertunda beberapa saat lamanya lantaran tidak diizinkan memasuki areal gedung dewan oleh Aparat Kepolisian dengan alasan Anggota Dewan sedang mengikuti acara seremoni pelantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Konawe Utara. (KmK)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 6 + 11 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.