IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Luas Lahan Kawasan Hutan Lindung Wosi Rendani Tersisa 88 Hektar

IndonesiaBicara-Manokwari, (22/09/11). Persoalan serius muncul dari kawasan Hutan Lindung Wosi Rendani di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat. Dari luas lahan sekitar 3000 hektar sesuai dengan SK Gubernur Irian Jaya, saat ini telah menyusut dan tersisa hanya 88 hektar. Hal ini membuat Pemda akan mengupayakannya sisa lahan tersebut menjadi menjadi lahan Hutan Lindung Paten dan tanpa ada lagi pengurangan lahan.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Manokwari Erens Ngabalin mengatakan saat ini sudah dilakukan sosialisasi dengan Tokoh Adat, masyarakat pemilik hak ulayat dan telah disepakati bersama bahwa sisa lahan seluas 88 hektar ini akan dijadikan kawasan hutan Lindung. Untuk itu segera akan dibuatkan berita acara yang akan ditandatangani Kepala Suku dan pemilik hak ulayat.

Selanjutnya lahan akan digunakan sebagai penyangga untuk menyelamatkan Kawasan Hutan Lindung Wosi Rendani dan areal pemukiman sekitarnya dari bahaya banjir, erosi serta untuk menyelamatkan mata air yang ada di kawasan hutan tersebut.

Hutan tersebut hingga saat ini hanya berpegang pada SK Gubernur saja. Untuk itu harus ada SK dari Kementerian sehingga masyarakat tidak bisa menjual tanah seenaknya karena sudah masuk ke dalam kawasan hutan lindung, ungkap Erens.

Lebih lanjut Erens mengatakan banyak faktor yang mengakibatkan penjualan lahan diantaranya ialah faktor Kota Manokwari yang telah menjadi Ibukota Propinsi Papua Barat. Kebutuhan lahan pemukiman akibat pertambahan penduduk dan pembukaan jalan baru membuat lahan semakin berkurang.

Dinas Kehutanan Manokwari sudah melakukan pendekatan dan penyuluhan kepada warga pemilik hak ulayat dan juga telah sering dilakukan pertemuan dan penanaman pohon di sekitar lokasi yang sangat rentan dan dapat menjadi masalah di kemudian hari. Namun Usaha dan peringatan bahaya dari Dinas Kehutanan tidak diindahkan, warga tetap saja menjual tanah tersebut dengan alasan ekonomi. (irsye)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 6 + 15 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.