IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

LMD GASAK Lampung: Usut Tuntas Dugaan Korupsi Proyek Pengairan Dinas PU Pesawaran

Aksi LMD GASAK Lampung tuntut adanya tindak lanjut penyelesaian korupsi di Dinas PU Pesawaran

IndonesiaBicara.com-Bandarlampung, (09/02/12). Aparat penegak hukum di Lampung harus mengusut tuntas dugaan korupsi pada proyek irigasi di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Pesawaran. Pernyataan tersebut disampaikan oleh puluhan massa dari Lingkar Mahasiswa Daerah Gerakan Aksi Solidaritas Anti Korupsi (LMD GASAK) Lampung pada aksi unjuk rasa yang mereka gelar di Tugu Adipura Bandar Lampung dan Kantor Kejati Lampung pada Kamis (09/02).

Korlap aksi, Indra Mustain menyampaikan bahwa proyek pembangunan bendungan dan irigasi yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pesawaran di 7 kecamatan sarat dengan korupsi karena realisasi pembangunannya amburadul.

“Masyarakat kecewa dengan hasil pembangunan karena beberapa saluran irigasi yang menuju lahan pertanian kualitasnya buruk,” ungkapnya. Kondisi bangunan telah banyak yang retak, belah, dan ambruk sehingga diperkirakan tidak akan berumur lama.

Lebih lanjut ia menguraikan, anggaran pembangunan bendungan dan irigasi yang menggunakan APBD Tahun 2011 di Kabupaten Pesawaran, diantaranya di Kecamatan Punduh Pidada senilai Rp 3,9 milyar, di Way Kota Jawa Kecamatan Kedondong senilai Rp 1,7 milyar, di Way Kandis Kecamatan Gedong Tataan senilai Rp 1,9 milyar dan jaringan irigasi di Kecamatan Tegineneng senilai Rp 1,9 milyar. Disinyalir masih banyak lagi, proyek yang penuh dengan korupsi.

“Jumlah anggaran yang sangat fantastis, namun dalam realisasinya sangat buruk” demikian imbuh Indra.

Setelah melakukan orasi dan membagikan selebaran di Tugu Adipura, massa aksi bergerak menuju Kantor Kejati Lampung, dan diterima oleh Kasi II Sospol Kejati, Ali Rasab Lubis.

“Kejati menerima aspirasi LMD GASAK dan akan melakukan investigasi ke lapangan”, ujar Lubis.

Dalam pertemuan tersebut perwakilan massa aksi menyampaikan data-data dugaan korupsi pada proyek pengairan Dinas PU Pesawaran.

LMD GASAK bersama Aliansi Komunikasi Aksi Rakyat (AKAR) mengeluarkan pernyataan sikap yang menyerukan kepada publik untuk memantau pembangunan bendungan dan irigasi tahun 2011 di Kabupaten Pesawaran, serta meminta Kapolda dan Kajati Lampung untuk mengusut dugaan korupsi anggaran pada Proyek Pinas PU tersebut. (Goes/Iwan)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 6 + 13 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.