IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Lapak Pedagang Pasar Sentiong Mulai Ditertibkan

Indonesiabicara.com–BALARAJA (23/10/2013)Penggusuran lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) di depan Pasar Modern Sentiong Mas, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang akhir pekan kemarin bermasalah. Sejumlah pedagang mengaku bahwa mereka belum menerima pemberitahuan dari pengelola pasar terkait aksi penertiban tersebut.

Salahsatu PKL di depan pasar, H.Dali (40) mengatakan, pasca pembongkaran lapaknya oleh pengembang dan pemasaran Pasar Modern Sentiong Mas, hingga kini dirinya belum bisa berdagang seperti sedia kala. Menurutnya seharusnya penertiban ini juga dibarengi dengan kebijakan dari pengelola pasar agar PKL bisa kembali berdagang. Ia pun mengaku sampai saat ini belum mendapatkan lokasi berdagang yang baru.

“Kami mengakui jika kami berdagang tidak pada tempatnya, tetapi tidak lantas ditertibkan tanpa memberkan jalan keluar. Kami kan juga harus memenuhi kebutuhan hidup dengan mencari nafkah. Jujur saja kami tidak sanggup membeli kios dalam pasar karena harganya yang terlampau mahal,”ujar Dali.

Terkait hal ini, Manager Operasional Pasar Modern Sentiong Mas, Fransisca Hartini membantah, jika penertiban lapak PKL tidak dilakukan pemberitahuan lebih dulu kepada para pedagang, terutama yang berada di depan pasar. Menurutnya, para pedagang tersebut justru sudah sepakat membongkar lapaknya sendiri, bila bangunan pasar sudah rampung.

Lanjut Fransica, tindakan penertiban yang dilakukannya juga berdasarkan aspirasi pedagang yang sudah berada di dalam pasar. Sebab pedagang yang sudah berjualan di dalam pasar mengeluhkan tentang keberadaan PKL yang terpat berada di depan pasar. Sehingga kerep muncul kecemburuan antar sesama pedagang.

“Soal ini kami hanya melaksanakan tugas sesuai kewenangan yang kami miliki. Kalau PKL yang berada di seberang jalan, itu bukan wewenang kami, tetapi pihak Satpol PP setempat bukan kami,”kata Fransica.

Dalam persoalan ini kata Fransisca, juga muncul kecurigaan jika para pedagang yang berjualan di luar Pasar Modern Sentiong saat ini bukanlah pedagang lama Pasar Sentiong lama. Sebab PT Andita Mas, selaku pengelola, telah mendata dan mendahulukan pedagang lama sentiong untuk mendapatkan tempat di Pasar Modern Sentiong Mas.

Fransisca menduga, para PKL yang ada saat ini adalah PKL baru dan ikut-ikutan atau pedagang yang berada di dalam namun membuka lapak lagi di luar Pasar Modern Sentiong. Sedangkan mengenai harga kios yang mahal, menurutnya, pengelola sudah berkonsultasi dengan PD Pasar Niaga Kerta Raharja (NKR).

“Dalam penentuan harga kami berkonsultasi dulu dengan PD Pasar, dan penentuan harga saat itu, malahan mengacu pada harga lama oleh pengembang sebelum Andita Mas,”jelasnya.(Aditya/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 5 + 15 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.