IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Kunjungan KPK ke Pangkalpinang

IndonesiaBicara-Pangkalpinang, 4 Agustus 2009. Bertempat di Rumah Makan Ocean yang terletak di Kampung Bintang Kota Pangkalpinang, berlangsung pertemuan dan forum diskusi antara anggota KPK dengan beberapa LSM dan mahasiswa Kota Pangkalpinang. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Nanang Faridsyam dan Ebed Nababan yang juga merupakan anggota KPK serta beberapa perwakilan LSM dan mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB).

Dalam pertemuan tersebut Nanang Faridsyam mengatakan bahwa, tujuan yang ingin dicapai KPK dari pertemuan ini adalah menggalang dan membina jaringan karena pada dasarnya seluruh LSM berorientasi kepada kemaslahatan masyarakat dan KPK juga memiliki tujuan yang sama. Sehingga diharapkan LSM di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat menjadi perpanjangan tangan KPK sehingga dapat turut mengawasi jika ada indikasi terjadinya tindakan Korupsi.

Tanggal 30 September 2009 adalah masa berakhirnya tugas KPK, diharapkan seluruh LSM dan masyarakat pada umumnya agar turut mendukung keberadaan KPK dimasa yang akan datang. KPK juga saat ini sedang mengkaji tentang perlu atau tidaknya dibentuk KPK di daerah karena kemampuan KPK saat ini hanya dapat menangani 30-40 kasus dari 40.000 kasus yang diadukan. Dalam pertemuan tersebut LSM dan mahasiswa yang hadir akhirnya menyepakati dibentuknya sebuah forum bersama yang diberi nama “Permak” (Persatuan Masyarakat Anti Korupsi) dengan Ketua Kurok Kurniamulyawan yang berasal dari LSM Kampak.

Permak juga diharapkan menjadi wadah forum diskusi yang dapat dilaksanakan secara rutin. Selain itu Pertemuan tersebut juga menghasilkan beberapa kesepakatan, yaitu rencana pendeklarasian Persatuan Masyarakat Anti Korupsi (Permak), rencana pendeklarasian dukungan terhadap KPK, dukungan terhadap pembentukan KPK di daerah serta turut mendorong agar pendidikan anti korupsi dapat dijadikan sebagai bagian dari kurikulum pendidikan.(sj)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 7 + 6 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.