IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

KPU Pusat Bangga, Pemilukada di Lombok Utara Aman

Kepala Divisi Sosialisasi & Pengembangan SDM KPU Pusat, Dra Sulastri, MSi saat melakukan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Lombok Utara.

IndonesiaBicara-Lombok Utara, (11/06/10). Kepala Divisi Sosialisasi dan Pengembangan SDM KPU Pusat Dra Sulastri, MSi melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Kunjungan ini didampingi Divisi Sosialisasi KPU Propinsi NTB dan Kadiv Sosialisasi KPU Lombok Barat (Lobar), Suhardi.

Dra Sulastri, MSi menjelaskan bahwa diseluruh Indonesia saat ini terdapat 87 Kab/Kota Propinsi yang sedang melakukan Pemilukada. Dari total tersebut terdapat 3 propinsi yang melaksanakan pemilu kada. “Untuk keseluruhan di tahun 2010, terdapat 244 Kab/Kota yang melaksanakan Pemilukada, sehingga masih ada seratus lebih yang menanti,” terangnya.

“Secara nasional pelaksanaan Pemilukada berlangsung baik, meskipun dibeberapa daerah seperti Mojokerto, Bima, Toli-toli sempat terjadi kerusuhan dan menjadi pemberitaan nasional,” ungkapnya.

Menurutnya hal ini merupakan dinamika di masyarakat dalam menyikapi hasil Pemilukada. “Meskipun demikian kita sebisa mungkin berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk melakukan pencegahan dini dan memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait hasil Pemilukada. Pemilukada di KLU saat ini berjalan aman, dan kami mengucapkan terimakasih kepada KPU Lobar sebagai penyelenggara dan masyarakat Lombok Utara,” tuturnya.

Di masa nanti KPU akan terus berupaya melakukan komunikasi terus menerus dengan stakeholder dalam hal ini partai politik, agar dapat melakukan sosialisasi kepada konstituennya dalam menerima kekalahan. “Proses demokrasi terdapat yang menang dan yang kalah, namun tetap bersifat sportif, jika menang tetap jumawa dan yang kalah jangan merasa direndahkan,” harapnya.

Kedatangan Sulastri ke KLU juga membawa tiga agenda besar, yaitu meninjau proses pembentukan DPRD, monitoring Pemilukada dan monitoring persiapan pembentukan KPU Lombok Utara. Untuk proses pembentukan, KPU Pusat akan segera memberikan rekomendasi kepada KPU Propinsi untuk membentuk panitia seleksi. Dalam kepanitiaan ini terdapat 3 unsur tim seleksi yang kesemuanya berjumlah 5, terdiri seorang dari Bupati, 2 orang dari DPRD dan 2 orang dari KPU Propinsi.

“Kami mempersilahkan kepada putra Lombok Utara yang memenuhi syarat untuk  mendaftarkan diri,” pungkasnya. (pul)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 8 + 12 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.